Meski Bikin Lidah Gatal, Khasiat Nanas Ternyata Sangat Menakjubkan

Ilustrasi nanas (Pexels)

Editor: Dera - Minggu, 16 Januari 2022 | 18:30 WIB

Sariagri - Memiliki rasa manis dan menyegarkan, buah nanas memang kerap disantap di siang hari. Namun sebagian masyarakat mengatakanjika buah berwarna kuning ini kerap membuat lidah menjadi gatal. 

Akan tetapi, buah dengan nama latin Ananas Comosus kaya akan serat dan mengandung banyak nutrisi yang penting bagi tubuh, seperti vitamin C, B1,B2,B3, kalsium, fosfor, kalium, serat, dan sejumlah zat gizi lainnya.

Berikut khasiat nanas yang menakjubkan bagi tubuh. 

Meningkatkan imunitas tubuh

Salah satu khasiat nanas yaitu mengandung vitamin C yang ada dalam nanas bisa membuat daya tahan tubuh meningkat. Mengonsumsi 150 gram nanas disebut-sebut dapat mencukupi kebutuhan vitamin C harian.

Menurunkan berat badan

Khasiat nanas memiliki senyawa bromelain yang dapat memecah protein menjadi asam amino, serta membantu tubuh sehingga mendapatkan energi dari lemak. Selain itu adanya kandungan serat dalam nanas dengan sifat serat yang dicerna secara perlahan, membuat tubuh merasa kenyang lebih lama.

Mencegah kanker

Bromelain juga berfungsi sebagai senyawa anti kanker dengan sifat sitotoksisitas selektif. Artinya, senyawa ini dapat membunuh sel kanker tanpa merusak sel ataupun jaringan lain yang sehat.

Memperkuat tulang

Nanas mengandung kalsium yang penting untuk kesehatan tulang. Selain itu, dalam buah tropis ini juga mengandung mangan yang merupakan mineral penting dalam membangun tulang yang kuat dan juga jaringan ikat. Meski banyak memiliki manfaat, namun nanas seringkali dihindari karena kekhawatiran akan adanya rasa gatal pada lidah setelah mengonsumsi nanas .

Baca Juga: Meski Bikin Lidah Gatal, Khasiat Nanas Ternyata Sangat Menakjubkan
Politeknik Negeri Jember Kembangkan Nanas Jumbo, Beratnya 7 Kg per Buah

Senyawa bromelain memiliki andil dalam hal ini, sesuai dengan sifatnya yang bisa memecah protein, maka saat seseorang memakan nanas, bromelain akan memecah protein kolagen yang terdapat pada jaringan lidah, bibir, dan pipi bagian dalam. Inilah yang kemudian menimbulkan gatal atau rasa tidak nyaman di area mulut tersebut.

Kondisi tersebut akan berangsur membaik setelah bromelain dinetralisir oleh air liur dan juga asam lambung. Namun demikian, ada cara yang biasa dilakukan untuk meminimalisasi efek yang kurang menyenangkan itu. Antara lain dengan merendam nanas yang telah dikupas dan dipotong ke dalam air garam selama beberapa saat sebelum dimakan. 

Video Terkait