Gak Pakai Ribet! Begini Cara Menanam Bawang Putih di Rumah

Ilustrasi bawang putih. (Pixabay)

Editor: Dera - Senin, 17 Januari 2022 | 20:40 WIB

Sariagri - Bawang putih adalah salah satu makanan yang dapat kamu budidayakan sendiri halaman rumah. Bahkan dengan kamu membudidayakan bawang putih di rumah, kamu secara tidak langsung dapat menghemat pengeluaran rumah tangga.

Namun sebelum itu, simak tips dan triknya cara menanam bawang putih hingga panen di rumah berikut ini:

1. Pilih jenis bawang untuk ditanam

Saat memilih bawang putih untuk ditanam, ada dua pilihan jenis yaitu softneck dan juga hardneck. Bawang dengan jenis softneck memiliki bentuk daun yang menjuntai ke bawah. Sementara itu hardneck memiliki batang tegak dan keras lalu di tengahnya terdapat umbi bawang.

Bawang softneck dinilai lebih mudah untuk ditanam dan dikembangkan di daerah dengan cuaca cenderung panas. Hasil yang dapat dipanen biasanya kecil-kecil dan memiliki rasa yang kuat. Di sisi lain, hardneck cocok ditanam di daerah dingin cenderung bersalju.

2. Cara menanam bawang putih di rumah

Cara menanam bawang putih cukup membutuhkan peralatan sederhana. Kamu bisa menyiapkan beberapa pot kecil atau satu yang berukuran besar. Jangan lupa untuk menyediakan tanah subuh sebagai media tanamnya.

Potong bagian bawah beberapa butir bawang yang masih ditempeli akar. Gali beberapa lubang pada tanah di pot dengan kedalaman yang cukup.

Masukkan potongan bawang pada lubang yang tersebar lalu tutupi lagi dengan tanah. Sirami pot dengan air secukupnya. Setelah beberapa hari, akan muncul daun berwarna hijau yang menunjukkan bawang mulai berkembang.

Lantas, sirami pot secukupnya ketika tanah mulai kelihatan kering. Jangan lupa untuk memberikan pupuk yang bisa dibuat dari campuran pelet ikan serta air rendaman rumput lain.

3. Potong daun dari bawang

Daun berwarna hijau yang keluar dari dalam tanah merupakan daun bawang yang juga bisa dikonsumsi. Waktu ke waktu, daun tersebut akan semakin panjang maka itu daripada membusuk, potong dan manfaatkan untuk keperluan memasak sehari-hari.

4. Panen bawang putih

Saat panen bawang putih dapat ditentukan berdasarkan jenis serta cuaca di sekitar wilayah tempat tinggalmu. Panas dapat mempercepat perkembangan mereka, sementara suhu dingin dapat memperlambat.

Umbi bawang siap untuk dipanen ketika bagian tengah daun nampak menguning cenderung coklat. Kamu dapat mengambil bawang ketika tanah cenderung kering. Caranya, longgarkan permukaan tanah dengan menggunakan sekop. Ketika makin banyak ruang yang terbuat, angkat daun hingga bawang terlihat.

Baca Juga: Gak Pakai Ribet! Begini Cara Menanam Bawang Putih di Rumah
Tim Peneliti Unair Temukan Manfaat Konsumsi Fermented Garlic dari Bawang Putih

5. Pasca panen

Saat seluruh bawang sudah diangkat, taruh di bawah sinar matahari yang tidak terlalu terang. Cara ini akan membuat lapisan kulit bawang terluar pecah sehingga lebih mudah dikupas nantinya. Setelah itu, bersihkan sisa-sia tanah yang masih menempel menggunakan sikat.

6. Simpan bawang hasil panen

Suhu ideal untuk menyimpan bawang putih yang telah dipanen adalah sekitar 10 hingga 21 derajat celcius. Pastikan pula ruangan tempat penyimpanannya tidak lembab, memiliki sirkulasi udara baik, cahaya yang cukup namun jauh dari sinar matahari. Bila penempatannya kurang baik, bawang pun bisa lebih mudah busuk.

Video Terkait