Jangan Dibuang, Ini Sederet Manfaat Ajaib Kulit Pisang yang Jarang Diketahui

Ilustrasi kulit pisang (Pixabay)

Editor: Dera - Selasa, 18 Januari 2022 | 16:40 WIB

Sariagri - Pisang adalah salah satu buah yang paling banyak di konsumsi secara global. Tiap tahun sebanyak 100 miliar pisang dikonsumsi masyarat di seluruh dunia. Dampaknya, limbah kulit pisang pun menimbulkan persoalan tersendiri.

Menurut Dana Pertahanan Lingkungan, pisang menghasilkan gas metana 84 kali lebih kuat daripada karbon dioksida. Alih-alih membuangnya, langkah terbaik mengatasi persoalan ini adalah dengan memanfaatkan kulit pisang untuk berbagai kebutuhan sehari-hari. Limbah kulit pisang terbukti dapat digunakan dalam berbagai hal.

Dalam berkebun misalnya, kulit pisang sangat efektif dijadikan kompos. Inhabitat merekomendasikan untuk membungkus kulit pisang di sekitar pangkal tanaman untuk menciptakan tanah yang secara perlahan melepaskan unsur hara mikro, seperti nitrogen, fosfor, dan kalium, yang penting bagi tanaman.

Hal ini dapat menyebabkan mawar dan tanaman berbunga lainnya menghasilkan bunga yang lebih subur dan indah ketika mereka menyerap pupuk ini. Selain itu, merendam kulit pisang dalam air semalaman dapat menghasilkan larutan tanaman indoor.

Melansir Intelligent Living, berikut sejumlah manfaat yang bisa didapatkan dari kulit pisang, yakni:


1. Pengusir dan obat serangga alami

Menurut Inhabitat, kita bisa membuat perangkap serangga buatan sendiri dari kulit pisang. Adapun hal yang diperlukan hanyalah satu kulit pisang dan ember plastik dengan penutup. Mulailah dengan membuat beberapa lubang di bagian atasnya dan masukkan kulit pisang ke dalam wadah.

Aroma pisang yang manis akan menarik serangga kecil, mereka akan masuk ke dalamnya. Selanjutnya, jika kamu merasa gatal karena gigitan serangga atau mengalami ruam, Healthline menyarankan untuk menggosokkan kulit pisang langsung ke kulit. Ini akan membantu menghilangkan rasa gatal dan dapat mendorong proses penyembuhan.

2. Perawatan kulit

Kulit pisang juga bermanfaat bagi kesehatan kulit. Bright Side merekomendasikan untuk mengambil sisi berdaging dari kulit pisang dan mengoleskannya langsung ke wajah. Biarkan di selama 10 menit, lalu bilas wajah dengan air. Melakukan hal ini secara rutin dapat mengurangi jerawat dan bekas luka dalam satu atau dua minggu.

Menggosok kulit pisang pada wajah juga diyakini dapat mencerahkan kulit dan mengurangi kerutan, sedangkan menempatkan kulit pisang pada mata tertutup dapat mengurangi bengkak.

3. Pembersih alami

Menggosok bagian dalam kulit pisang dapat membersihkan beberapa barang kembali bersih dan berkilau. Hal ini bisa dipraktikan pada sepatu, furnitur kayu, dan dompet.

Bahkan, kulit pisang bisa membersikan perak. Kalium di dalam kulit pisang dapat membantu membersihkan benda logam. Saat perak kehilangan kilaunya atau mulai ternoda, kamu bisa membuat pasta dari kulit pisang. Caranya, masukkan kulit pisang ke dalam blender. Tambahkan setengah cangkir air. Blender hingga menjadi pasta. Terakhir, gosok perak dengan pasta selama beberapa menit.

Baca Juga: Jangan Dibuang, Ini Sederet Manfaat Ajaib Kulit Pisang yang Jarang Diketahui
Catat! Ini 3 Cara Mudah Cegah Pisang Cepat Busuk

4. Membuat daging lembut

Memasukkan kulit pisang ke dalam wajan pemanggang saat memasak daging atau ikan akan melembabkannya saat dimasak. Ini akan menghasilkan daging yang lebih empuk karena kulitnya bertindak sebagai "selimut" untuk daging, mencegah uap air menguap.

Di luar itu, kulit pisang sarat dengan nutrisi dan antioksidan, dan percaya atau tidak, mereka bisa dimakan. Agar lebih mudah dicerna, Healthline menyarankan untuk merebus kulit pisang dalam air selama 10 menit, lalu menambahkannya ke dalam blender. Selanjutnya, kamu bisa membuat smoothie yang menyegarkan dengan memadukannya dengan stroberi atau mangga.

Video Terkait