Bisa Jaga Imun Tubuh, Ini Fakta Unik Vitamin C yang Harus Kamu Tahu

Ilustrasi Jeruk (Pixabay)

Editor: Dera - Selasa, 18 Januari 2022 | 20:20 WIB

Sariagri - Pandemi COVID-19 telah membangkitkan kesadaran masyarat tentang pentingnya menjaga imunitas atau kekebalan tubuh. Selain olahraga, menerapkan pola makan sehat yang padat nutrisi adalah cara yang banyak dipilih untuk meningkatkan daya imunitas.

Vitamin C merupakan asupan penambah kekebalan tubuh paling populer dan banyak dikonsumsi. Namun agar dapat menemukan cara paling tepat dan efektif untuk memperkuat imunitas, ada sejumlah fakta yang wajib diketahui.

Untuk menjawab hal ini, Megan Meyer, Pakar Mikrobiologi dan Imunologi Gizi dan Direktur Komunikasi Sains di Dewan Informasi Makanan Internasional, pun berbagi fakta di balik manfaat vitamin C dan imunitas tubuh.

"Vitamin ini larut dalam air yang bertindak sebagai antioksidan kuat yang memainkan peran penting dalam sistem saraf, metabolisme dan kekebalan. Selain itu, vitamin ini membantu penyerapan mikronutrien, terutama zat besi," jelas Meyer, seperti dikutip dari Real Simple.

Berapa banyak vitamin C yang kita butuhkan dalam sehari?

Menurut Meyer, diet yang direkomendasikan (RDA) untuk vitamin C berkisar dari 15 miligram hingga 120 miligram per hari, tergantung pada usia dan jenis kelamin. RDA juga meningkat bagi ibu yang sedang hamil atau menyusui.

"Vitamin ini dulu tercantum pada label fakta nutrisi tetapi tidak lagi diperlukan karena rata-rata, kebanyakan orang Amerika mengonsumsi cukup setiap hari," kata Meyer

Direktur Penelitian dan Komunikasi Nutrisi untuk Dewan Informasi Makanan Internasional, Ali Webster, PhD, RD, mengatakan vitamin tersebut merupakan nutrisi penting untuk fungsi kekebalan yang optimal.

"Namun, penelitian telah menunjukkan bahwa mengambil megadosis dalam bentuk suplemen sebenarnya tidak ada gunanya bagi kita untuk melawan penyakit," katanya menambahkan.

Menurut Webster, lebih banyak vitamin C belum tentu lebih baik, karena tubuh hanya dapat menyerap beberapa ratus miligram pada suatu waktu. Tunjangan diet yang direkomendasikan (atau RDA) merupakan jumlah harian nutrisi yang memenuhi kebutuhan kebanyakan orang, ditetapkan pada 75 miligram per hari untuk wanita dewasa dan 90 miligram per hari untuk pria dewasa.

"Setiap jumlah di atas ini diekskresikan dalam urine," jelasnya.


Apakah terlalu banyak mengonsumsi vitamin tersebut bisa overdosis?

Menurut Meyer, kemungkinan seseorang mengalami overdosis vitamin C sangat kecil. "Karena vitamin C larut dalam air, ia memiliki toksisitas rendah dan tidak terkait dengan efek samping pada dosis tinggi," kata Meyer.

"Namun, Dewan Makanan dan Gizi di Institut Kedokteran Akademi Nasional telah menetapkan Tingkat Asupan Atas yang Dapat Ditoleransi (alias UL) untuk vitamin C, yang menyatakan bahwa asupan vitamin C jangka panjang di atas jumlah ini dapat meningkatkan risiko efek samping. efek kesehatan," tambahnya.

Baca Juga: Bisa Jaga Imun Tubuh, Ini Fakta Unik Vitamin C yang Harus Kamu Tahu
Tak Hanya untuk Bahan Masak, Ini 8 Khasiat Asam Jawa untuk Kesehatan

Namun, lanjut Meyer, jika seseorang sedang mengonsumsi obat-obatan tertentu, mereka harus ekstra hati-hati dengan suplemen vitamin C. Suplemen vitamin C dapat berinteraksi dengan beberapa jenis obat seperti statin, kemoterapi dan radiasi. Terlepas dari riwayat medis dan dosis , setiap orang harus berkonsultasi dengan penyedia layanan kesehatan mereka sebelum mengonsumsinya.

Jika kamu ingin mendapatkan votamin ini, kamu bisa mengonsumsi sayuran dan buah seperti brokoli, kubis Brussel, kubis, kembang kol, kentang, bayam, tomat, jeruk, jus jeruk, stroberi, dan jus tomat.

Video Terkait