Aglonema, Tanaman Hias Cantik dengan Harga Fantastis

Ilustrasi aglonema (Pixabay)

Editor: Tanti Malasari - Rabu, 19 Januari 2022 | 11:45 WIB

Sariagri - Hobi berkebun bukan sesuatu yang baru. Jauh sebelum masa pandemi, masyarakat Indonesia telah banyak yang melakukan hobi ini. Hanya saja, dua tahun belakang ini, minat orang terhadap tanaman semakin marak. Berbagai macam tanaman pun menjadi primadona dan diburu banyak pecinta tanaman hias, salah satunya adalah aglonema

Melansir dari lamar litbang pertanian, penamaan aglonema diambil dari bahasa Yunani. Berasal dari dua kata, yaitu aglo yang memiliki arti terang, sedangkan nema berarti benang. Dalam klasifikasi penamaan ilmiah, tanaman hias ini masih satu keluarga dengan tanaman anthurium, philodendron, difenbachia (blanceng).

Ciri-ciri tanaman hias aglonema

Pada dasarnya, aglonema adalah tanaman hias dari jenis talas-talasan. Habitat aslinya yaitu berada di bawah hutan hujan tropis, yang tersebar di kawasan Asia dan Papua Nugini. Dirangkum dari berbagai sumber, berikut ciri-ciri tanaman cantik ini.

1. Akar

Mereka termasuk dalam kelompok tanaman monokotil dengan akar serabut. Jika dalam keadaan sehat, akar mereka berwarna putih, namun jika tidak sehat maka akar akan berwarna cokelat.

2. Batang

Batang tanaman ini tak berkambium, dengan bentuk yang lunak dan berair. Ukurannya terbilang pendek dan tertutup oleh daun. Umumnya warna batang mereka, berwarna putih, hijau muda, atau merah muda tergantung dari jenis spesiesnya.

3. Daun

Daun mereka tersusun atas pembuluh pengangkut yang acak, dengan bentuk bervariasi. Ada yang bulat seperti telur, lonjong hingga berbentuk delta. Permukaannya licin, tidak berbulu, dan tepian rata, dan saling behadapan menutupi batang. Mereka juga memiliki motif atau corak dan warna yang sangat banyak. Hal inilah yang membuat daya tarik dari tanaman hias ini.

4. Bunga

Aglonema memiliki bunga majemuk yang berbentuk bulir dan tumbuh di area ketiak daun. Umumnya, bunga ini dilapisi oleh selundang bunga atau spatha yang fungsinya untuk menarik dan sebagai perangkap serangga. Dengan kata lain, bunga ini memiliki fungsi sebagai perlindungan diri.

5. Buah dan Biji

Tanaman hias ini memiliki buah yang berbentuk bulan lonjong. Warnanya berubah-ubah, dimulai dari warna hijau kekuningan, lalu berubah menjadi merah ketika usianya bertambah. Buah ini ternyata bisa dipetik dan terdapat biji di dalam buahnya, yang bisa digunakan untuk pembiakan tanaman

Apakah aglonema sama dengan sri rejeki?

Tanaman berdaun cantik ini merupakan tanaman yang berasal dari negara Asia, seperti Cina bagian selatan, Indonesia, Malaysia,Birma, Thailand, dan Philipina. Di Indonesia sendiri, tanaman ini juga dikenal dengan nama sri rezeki. Selain itu, mereka juga mempunyai nama lain seperti Chinese Evergreen.

Media tanam terbaik

Tanaman hias ini perlakuannya memang sedikit berbeda dibanding dengan tanaman lain. Hal ini dapat terlihat dari pemilihan media tanam mereka yang harus terdiri dari beberapa unsur hara. Tujuannya agar aglonema dapat tumbuh subur dan sehat. Adapun media tanam yang bisa digunakan adalah sebagai berikut :

Baca Juga: Aglonema, Tanaman Hias Cantik dengan Harga Fantastis
Ini Jenis Tanaman yang Diprediksi jadi Incaran di Tahun 2022

1. Percampuran akar pakis, sekam bakar, dan pasir malang dengan perbandingan 3:1:1
2. Percampuran pakis, sekam bakar, pasir, dan coco peat dengan perbandingan 2:1:1:1
3. Percampuran pasir, sekam bakar, dan pupuk kandang dengan perbandingan 3:2:2
4. Percampuran coco peat, sekam bakar, dan pupuk kandang dengan perbandingan 3:3:1

Harga yang fantastis

Tanaman cantik ini bukan hanya sebagai penghias pekarangan, melainkan bisa menjadi ladang bisnis yang menjanjikan. Harga mereka sangat bervariatif, sesuai dengan jenisnya. Semakin cantik bentuk dan tampilannya, maka semakin tinggi pula harganya. Bahkan nilai mereka ditaksir bisa mencapai jutaan rupiah.

Video Terkait