Bunga Telang, Tanaman Herbal yang Bisa Obati Berbagai Macam Penyakit

Ilustrasi bunga telang (Pixabay)

Editor: Tanti Malasari - Rabu, 19 Januari 2022 | 14:30 WIB

Sariagri - Indonesia memiliki kekayaan alam yang seakan tidak ada habis-habisnya. Mulai dari rempah-rempah hingga berbagai jenis tanaman tersedia lengkap di tanah air. Hampir semuanya memiliki manfaat bagi manusia, baik itu sebagai bumbu pelengkap hingga bahan pengobatan herbal. Salah satu diantaranya adalah bunga telang.

Tanaman dengan nama ilmiah Clitoria ternatea ini, merupakan tanaman merambat, yang tumbuh di sebagian besar wilayah Asia. Jika dilihat secara spesifik, bunga ini memiliki kelopak bunga berwarna biru gelap yang khas. Sementara pada bagian dasarnya berwarna putih atau kuning. Warna biru pada kelopak bunganya ini disebabkan oleh kandungan antioksidan berupa antosianin di dalamnya.

Manfaat bunga telang

Pada penelitian lain yang dilakukan Budiasih dalam “Kajian Potensi Farmakologis Bunga Telang (Clitoria ternatea)” mengatakan bahwa, di dalam kandungan telang terkandung banyak senyawa baik. Senyawa tersebut terdiri dari antioksidan, antibakteri, anti inflamasi dan analgesik, antiparasit dan antasida, antidiabetes, anti-kanker, antihistamin, immunomodulator. Semuanya sangat bermanfaat dalam mengobati berbagai macam penyakit, diantaranya adalah sebagai berikut :

1. Meningkatkan memori otak

Kandungan asetilkolin yang terkandung bunga ini, berperan penting dalam fungsi normal otak dan tubuh. Senyawa ini berfungsi untuk memberitahu hipokampus agar menyimpan memori. Hal ini menjadi sangat berpengaruh terhadap kewaspadaan, perhatian, pembelajaran, dan memori.

2. Mengurangi stress

Hasil penelitian dalam “Pharmacology Biochemistry and Behavior”, ekstrak bunga ini mampu merelaksasi otot pembuluh darah halus, sehingga dapat dijadikan sebagai obat antidepresi yang bisa mengurangi stres.

3. Meningkatkan suasana hati

Seperti yang disampaikan sebelumnya, ekstra bunga ini berfungsi sebagai antidepresi. Secara tidak langsung bunga ini juga dapat membantu mengurangi gejala kecemasan dan meningkatkan suasana hati dan stamina tubuh.

4. Menjaga kesehatan mata

Antioksidan yang disebut proanthocyanidin, berfungsi dalam menjaga kesehatan mata. Hal ini dikarenakan ia dapat meningkatkan aliran darah di kapiler mata, yang berpengaruh dala, menyesuaikan diri dengan perubahan cahaya dan meningkatkan penglihatan, serta mencegah katarak.

5. Meredakan asma

Dalam “Journal of Ethnopharmacology” tahun 2011, disebutkan bahwa antiinflamasi dalam tanaman telang mampu mengurangi peradangan, pembengkakan, dan produksi lendir di saluran udara pernapasan. Hal ini dapat mencegah asma, karena peradangan di saluran berkurang dan cenderung tidak bereaksi.

6. Mencegah kanker

Berdasarkan penelitian “International Journal of Pharmacognosy and Phytochemical Research” mengatakan, bunga ini memiliki kandungan antikanker berupa flavonoid yang mampu mematikan sel kanker hingga 63,8 persen.

7. Mengatasi diabetes

Hasil penelitian dalam “Journal of Applied Pharmaceutical Science” mengungkapkan bahwa ekstra telang menghasilkan insulin, yang berperan dalam mengatasi penyakit diabetes.

8. Melindungi tubuh dari mikroorganisme

Kandungan bunga ini juga bersifat antimikroba, yang bisa melindungi dan mencegah tubuh dari mikroorganisme seperti bakteri dan jamur penyebab berbagai macam penyakit.

9. Menurunkan berat badan

Tak disangka manfaat teh telang, juga dapat dirasakan untuk menurunkan berat badan. Teh ini mengandung katekin yang berperan penting dalam membakar lemak perut dan membantu menurunkan berat badan.

10. Menjaga kesehatan jantung

Antioksidan dalam bunga lewang, dapat menurunkan kadar kolesterol tinggi, yang menjadi faktor utama sejumlah penyakit jantung seperti, penyumbatan, pembekuan darah, dan serangan jantung.

Cara mengkonsumsi bunga telang

Manfaat bunga ini sudah dirasakan banyak orang. Hal ini yang membuat bunga ini semakin dicari guna mengonati berbagai macam penyakit. Pemanfaatan bunga ini bisa kita olah menjadi berbagai macam minuman, seperti misalnya teh herbal. Beberapa kalangan menyebut teh telang dengan nama blue tea.

Baca Juga: Bunga Telang, Tanaman Herbal yang Bisa Obati Berbagai Macam Penyakit
Selain Tingkatkan Daya Ingat, Ini 5 Manfaat Ginkgo Biloba bagi Kesehatan

Cara mengolahnya juga sangat mudah, cukup seduh segenggam bunga telang kering atau segar dengan menggunakan air panas. Lalu diamkan kurang lebih 15 menit, kemudian sajikan. Namun jika ingin lebih terasa nikmat, teh bisa ditambahkan gula atau madu.

Apakah bunga telang berbahaya jika dikonsumsi?

Meminum air rebusan atau teh telang sejauh ini tidak menimbulkan bahaya bagi tubuh. Namun yang harus diperhatikan adalah dalam mengkonsumsi teh ini, sebaiknya tidak berlebihan. Minum secukupnya saja agar tidak menimbulkan efek samping pada kesehatan, seperti alergi dan gangguan pencernaan seperti diare.

Video Terkait