Mujarab Turunkan Kolesterol, Konsumsi Kacang Hijau Yuk!

Ilustrasi kacang hijau. (Foto: Pixabay)

Penulis: Triana, Editor: Dera - Kamis, 20 Januari 2022 | 19:25 WIB

Sariagri - Bagi sebagian besar orang Indonesia akan mengonsumsi makanan mengenyangkan adalah pilihan. Salah satunya adalah  bubur kacang hijau yang kaya gizi dan menyimpan banyak manfaat baik bagi kesehatan tubuh.

Kacang hijau mengandung protein rendah lemak, kalsium, zat besi, zinc, kalium, fosfor, folat, vitamin A, B, C, E, K, serta mampu mengatur pasukan oksigen ke kulit kepala sehingga membuat rambut menjadi sehat, kuat dan berkilau.

Mengontrol kolesterol

Tingginya kadar kolesterol dalam tubuh dapat menyebabkan penyumbatan pada pembuluh darah yang dapat meningkatkan risiko penyakit kronis seperti jantung dan stroke. Kacang ini juga dapat memperlancar sistem pencernaan dan meningkatkan metabolisme tubuh. Rutin mengonsumsi olahan kacang hijau juga dapat membantu melindungi tubuh dari penyakit jantung.

Mengatur tekanan darah

Kacang ini dikenal sebagai pengendali dan pengatur lemak yang baik. Bahan makanan yang satu ini juga mengandung banyak magnesium yang berfungsi meringankan pembuluh darah dan menurunkan hipertensi yang membantu mengatur tekanan darah dalam tubuh.

Mengurangi penuaan

Proses penuaan dini pasti terjadi, tanda yang biasanya paling tampak dari penuaan adalah perubahan tekstur kulit seperti garis-garis halus atau keriput. Ternyata kacang hijau dapat membantu mengurangi keriput, bintik-bintik dan garis usia pada kulit.

Jika mengonsumsi bubur kacang hijau secara rutin pada pagi hari akan membantu mengurangi penuaan dan membuat kulit menjadi tampak lebih muda.

Baca Juga: Mujarab Turunkan Kolesterol, Konsumsi Kacang Hijau Yuk!
Bikin Takjub, Ini Manfaat Kacang Merah Bagi Kesehatan Jantung

Membuat rambut berkilau

Rambut adalah mahkota bagi para perempuan dan juga laki-laki, tentu semua orang ingin memiliki rambut yang sehat dan berkilau. Zat yang terkandung pada kacang hijau dapat mengatur pemanfaatan kalsium dan magnesium dalam tubuh.

Menjaga kesehatan gusi

Kacang ini mengandung sodium yang baik untuk kesehatan gusi dan gigi. Konsumsi makanan kaya akan sodium akan membantu mengatasi masalah gusi di antaranya, nyeri, kemerahan, bau tak sedap, dan pendarahan pada gusi.

Video Terkait