5 Manfaat Buah Mangga bagi Kesehatan, Salah Satunya Perkuat Kekebalan Tubuh

Kelebihan Mangga Jenis Avocado

Editor: Tatang Adhiwidharta - Kamis, 20 Januari 2022 | 15:50 WIB

Sariagri - Siapa yang tidak mengenal buah Mangga, buah satu ini menjadi salah satu kesukaan banyak orang. Mangga memiliki rasa manis dan memiliki daging berwarna kuning dan oranye.

Buah mangga terdiri dari berbagai jenis. Buah yang satu ini juga mengandung berbagai manfaat untuk tubuh. Seperti memperkuat kekebalan tubuh, mengingat di tengah masa pandemi COVID-19 ini sangat dibutuhkan.

Biasanya buah mangga diolah dalam bentuk jus, puding dan lainnya. Bahkan ada juga yang menikmatinya sebagai camilan yakni rujak mangga.

Berikut ini 5 manfaat buah mangga untuk kesehatan, seperti dinukil dari Thehealthsite:

1. Memperkuat kekebalan tubuh

Mangga ukuran normal lebih bergizi daripada almond. Ini memperkuat dan menyegarkan semua saraf, jaringan, dan otot di otak, jantung, serta bagian tubuh lainnya. Buah ini juga membersihkan tubuh dari dalam dan membantu memperkuat kekebalan tubuh.

2. Mencegah kanker

Mangga kaya akan serat makanan, vitamin, mineral, dan polifenol flavonoid (senyawa antioksidan). Ia memiliki kualitas yang bisa melindungi terhadap kanker usus besar, payudara dan prostat serta dari leukemia.

3. Membantu meningkatkan penglihatan

Mangga merupakan sumber vitamin A dan flavonoid yang sangat baik seperti beta-karoten, alfa-karoten dan beta-cryptoxanthin. Senyawa ini bisa membantu meningkatkan dan mempertahankan penglihatan yang baik. Kandungan karoten dalam buah mangga membantu melindungi tubuh dari kanker paru-paru.

4. Membantu menjaga tekanan darah agar tetap terkendali

Mangga segar adalah sumber potasium yang baik. Ahli gizi mengatakan 100 g buah mangga menyediakan 156 mg potasium dan hanya 2 mg sodium.

Kalium merupakan komponen penting dari sel dan cairan tubuh. Ini juga membantu mengontrol detak jantung dan tekanan darah.

5. Melindungi dari penyakit jantung

Selain vitamin A, Mangga juga merupakan sumber vitamin B6 (piridoksin), vitamin C dan vitamin E yang sangat baik. Vitamin C membantu tubuh mengembangkan resistensi terhadap infeksi dan mengatasi radikal bebas berbahaya.

Vitamin B-6 atau piridoksin diperlukan untuk produksi hormon GABA (hormon yang diperlukan untuk mempertahankan tonus otot) di dalam otak. Ini membantu mengendalikan kadar homocystiene dalam darah, yang pada gilirannya membantu melindungi jantung dari penyakit arteri koroner dan stroke.

Video Terkait