Bikin Takjub, Ini Manfaat Kacang Merah Bagi Kesehatan Jantung

Ilustrasi kacang merah (Freepik)

Editor: Dera - Kamis, 20 Januari 2022 | 16:10 WIB

Sariagri - Memilikinama latin Phaseolus vulgaris L, kacang merah merupakan tanaman yang berasal dari kawasan Amerika Selatan, Meksiko Selatan, dan juga daratan Cina.

Meski dikenal banyak manfaat kesehatan bagi tubuh, namun kacang merah tak bisa langsung dikonsumsi tanpa pengolahan, karena adanya kandungan asam fitat, yang bisa mengganggu penyerapan mineral. 

Untuk menghilangkan kandungan tersebut, Sobat Agri bisa melakukan dua cara. Pertama dengan melakukan perebusan atau perendaman yang dapat mengurangi kadar asam fitat sebesar 41,9%. Sementara itu, cara kedua yakni melalui proses fermentasi, yang tidak hanya menghilangkan kandungan asam fitat dalam kacang merah, namun juga meningkatkan kandungan fosfor.

Selain kaya nutrisi, kacang ini juga mengandung karbohidrat di dalamnya, sehingga bisa menjadi sumber energi yang baik. Sementara kandungan lemak dalam kacang merah didominasi oleh lemak tak jenuh sekitar 63,3%. Tak hanya itu saja, ada pula komposisi protein dan juga mineral antara lain berupa fosfor, kalsium, mangan, besi, tembaga, kalium, dan juga natrium.

Banyaknya variasi zat gizi inilah yang membuat kacang merah memiliki beragam manfaat untuk tubuh. Salah satunya adalah bagi kesehatan jantung. Kandungan kalium dalam kacang merah membantu jantung berdetak normal dan membantu menurunkan tekanan darah tinggi. Selain itu, kalium juga berperan meningkatkan fungsi pembuluh darah sehingga menurunkan risiko terjadinya penyakit kardiovaskular, di antaranya penyakit jantung koroner.

Baca Juga: Bikin Takjub, Ini Manfaat Kacang Merah Bagi Kesehatan Jantung
Kacang Polong Hitam, Si Kecil dengan Zat Besi yang Sangat Dibutuhkan Tubuh

Kandungan folat, kalsium, magnesium bersama kalium di dalam kacang merah berperan menekan kadar homosistein di dalam darah, yang merupakan zat pemicu penyakit jantung koroner. Pada 180 gram kacang merah terdapat sekitar 2.500 mg, kalium yang berarti bisa memenuhi sekitar 72% kebutuhan kalium tubuh harian. Sementara asupan kalium yang disarankan perharinya yakni 4.700 mg.

Selain itu kandungan serat dalam kacang merah juga berperan untuk menjaga jantung tetap prima, terutama berkaitan dengan menjaga keseimbangan kadar kolesterol baik (HDL) dan kolesterol jahat (LDL). Konsumsi kacang merah secara teratur pun disarankan. Dalam 200 gram kacang tanah mengandung 46 gram serat. Sedangkan kebutuhan serat bagi tubuh setiap harinya berkisar antara 25-30 gram.