5 Manfaat Luar Biasa Mengonsumsi Air Rebusan Daun Singkong

Ilustrasi daun singkong (Wikimedia)

Penulis: Rashif Usman, Editor: M Kautsar - Kamis, 20 Januari 2022 | 18:25 WIB

Sariagri - Daun singkong merupakan salah satu sayuran yang biasa diolah menjadi ragam menu hidangan. Umumnya, sayur daun singkong mudah ditemukan di penjual pecal sayur maupun di rumah makan padang.

Meskipun memiliki rasa yang pahit, namun daun singkong mengandung berbagai vitamin, protein, mineral dan asam amino esensial. Dengan kandungan tersebut, daun singkong memiliki ragam manfaat untuk kesehatan tubuh. Selain dikonsumsi daunnya secara langsung, rupanya kamu juga mengonsumi air rebusan daun singkong Lho!

Berikut lima manfaat luar biasa mengonsumsi air rebusan daun singkong.

1. Meredakan Demam dan Sakit Kepala

Rebusan daun dan akar dari tanaman singkong mampu membantu mengatasi demam dan sakit kepala. Caranya cukup mudah, rebus akar dan 400 gram daun singkong dengan satu liter air. Kemudian rebus hingga air berkurang menjadi setengah dan kemudian biarkan dingin, dikutip dari healthbenefitstimes.

2. Mengobati Diare

Rebus 7 lembar daun singkong dengan 4 gelas air hingga tersisa 2 gelas. Ramuan ini harus diminum dua kali sehari untuk menyembuhkan diare.

3. Mengembalikan Nafsu Makan

Daun singkong dapat membantu mengembalikan nafsu makan. Ramuan daun singkong dengan jahe sebaiknya diminum setiap pagi setelah bangun tidur untuk mendapatkan khasiat satu ini.

4. Bantu Obati Stroke

Dalam sebuah studi yang dilakukan para ahli, disebutkan bahwa daun singkong membantu mengobati stroke. Sebab daun singkong memiliki isoflavon, antioksidan yang membantu mengikat radikal bebas.

Baca Juga: 5 Manfaat Luar Biasa Mengonsumsi Air Rebusan Daun Singkong
Sangat Mudah, Begini Cara Budidaya Singkong

5. Membantu Mengobati Penyakit Rematik

Daun singkong memiliki jumlah magnesium yang tinggi yang membantu menurunkan tingkat tekanan darah dan menghilangkan risiko penyakit rematik.

Caranya cukup mudah yakni, rebus 150 gram daun singkong, 15 gram jahe, sedikit serai dan garam. Konsumsi cairan ini setiap hari mencegah penyakit rematik.

Video Terkait