Ini Alasan Kenapa Penderita Stroke Dianjurkan Minum Teh Hijau

Ilustrasi teh hijau (Pixabay)

Editor: Dera - Kamis, 20 Januari 2022 | 18:05 WIB

Sariagri - Manfaat teh hijau untuk kesehatan memang sudah tak diragukan lagi. Teh yang kaya akan antioksidan ini mampu melawan radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh. Bahkan teh ini juga dapat membantu menurunkan risiko terkena stroke.

Teh hijau merupakan hasil dari tumbuhan Camellia sinensis yang sering digunakan dalam pengobatan Jepang dan Cina sejak dahulu kala. Proses pengolahan teh ini lebih singkat sehingga nutrisi dan antioksidan di dalamnya masih terjaga.

Hasil penelitian yang dipublikasikan The Journal of American Heart Association. Penelitian tersebut mengamati kebiasaan minum teh hijau dan kopi pada 82.000 orang dewasa di Jepang. Hasilnya adalah peneliti menemukan bahwa semakin banyak orang minum teh atau kopi semakin rendah risiko terkena stroke.

Studi tersebut mengatakan, penderita stroke yang mengonsumsi teh hijau per hari memiliki risiko kematian 62% lebih rendah dibandingkan pasien yang tidak mengonsumsinya.

Mengutip dari WebMD, para peneliti melihat hasil serupa untuk penyintas serangan jantung dan mengurangi risiko kematian sebesar 53%.
Bagi pasien yang tidak menyukai teh ini akan terasa berat untuk mengonsumsinya tujuh cangkir per hari.

Hal tersebut bisa diatasi dengan mengangganti teh  tersebut menjadi kopi. Namun menurut beberapa studi, efektivitas kopi untuk menurunkan risiko kematian dinilai lebih rendah dibanding teh.

Para peneliti mengungkapkan, meminum satu cangkir kopi per hari bisa menurunkan risiko kematian pada penderita serangan jantung sebesar 22%, dibanding dengan penderita yang tidak rutin minum kopi.

Terbukti pada peserta studi yang mengalami risiko kematian 14% lebih rendah karena mereka meminum secangkir kopi setiap hari. Intinya dengan mengonsumsi teh hijau secara rutin, dapat memberikan umur panjang bagi para penderita serangan jantung dan stroke.

Baca Juga: Ini Alasan Kenapa Penderita Stroke Dianjurkan Minum Teh Hijau
Teh Peppermint, Minuman yang Efektif Bakar Lemak Perut

Selama 20 tahun peneliti mengamati data dari 50.000 orang yang berusia 40-79 tahun di Jepang selama kurang lebih 20 tahun. Peserta meminum teh tersebut tanpa gula dan kopi yang disajikan dengan susu dan gula.

Para peneliti tidak memberikan penjelasan lebih lanjut di balik manfaat teh hijau dan kopi yang memperpanjang usia. Perlu adanya studi lanjutan untuk menemukan penyebabnya. Meski begitu, tidak ada salahnya kamu mengonsumsi teh hijau secara rutin. Karena sudah jelas memiliki manfaat untuk kesehatan.

Video Terkait