Unik Banget! Ini Dia Penampakan Pohon Sosis Asal Afrika Selatan

Ilustrasi pohon sosis atau Kigelia Africana. (foter)

Editor: Dera - Sabtu, 22 Januari 2022 | 17:00 WIB

Sariagri - Pesona Kigelia Africana sekilas memang membuat orang yang melihatnya terpanah. Pohonnya yang kekar dengan buah berbentuk lonjong membuat sebagian orang menjulukinya sebagai 'pohon sosis' (sausage tree), karena bentuk buahnya yang mirip dengan sosis. 

Daunnya yang lebat dan rindang membuat tanaman ini juga kerap disebut mirip dengan pohon beringin. Siapapun yang berada di bawahnya pasti akan merasakan keteduhan dengan sepoian angin. 

Tanaman unik ini diketahui berasal dari Afrika Selatan dan menyebar ke beberapa negara di dunia, seperti Amerika, Australia, India, Pakisatan, Cina hingga Asia Tenggara. Bahkan pohon ini juga tumbuh subur di Indonesia lho Sobat Agri. 

Adapun karakteristik dari tanaman ini yaitu tingginya yang bisa mencapai 20 meter, akar dan batangnya yang kuat, daunnya yang lebat dan pastinya buahnya yang unik. 

Ya, buah sosis biasanya berwarna cokelat dan menggantung di pohon. Namun jangan salah, meski sangat berserat dan agak lembek, buah ini memiliki berat lima 5-10 kilogram (kg). 

Baca Juga: Unik Banget! Ini Dia Penampakan Pohon Sosis Asal Afrika Selatan
Faktor Penting yang Harus Dilakukan dalam Merawat Bunga Mawar

Ekstrak buah sosis mengandung alkaloid, glikosida, terpenoid, flavonoid, tanin, saponin, gula pereduksi dan memiliki sifat antibakteri dan anti jamur. Sementara manfaat dari pohon sosis ini yaitu bisa mengobati penyakit kanker, obat analgesik dan anti inflamasi, penyakit malaria, diare, hingga dapat diolah menjadi produk kecantikan. 

Namun penting untuk diketahui ya Sobat Agri, jika buah sosis ini tidak bisa dikonsumsi langsung karena bersifat racun dan bisa menyebabkan lecet pada bagian mulut, sehingga perlu proses pengolahan yang tepat sebelum digunakan. 

Video Terkait