Manfaat Boneka Potty, Pot Tanaman Cantik yang Berbentuk Seperti Boneka

Ilustrasi boneka horta (Instagram @greenkado.id)

Editor: Tanti Malasari - Minggu, 23 Januari 2022 | 07:00 WIB

Sariagri - Ada variasi lain yang dihadirkan dari boneka horta, yaitu boneka potty. Pada dasarnya, boneka potty tidak jauh berbeda dari boneka horta.

Boneka potty adalah pot tanaman yang berbentuk seperti boneka, dengan beraneka macam binatang sehingga membuat anak-anak tertarik dan sangat menyukainya.

Boneka ini dapat ditanami beraneka macam tanaman hias mini, benih sayuran dan bunga-bungaan. Kemudian pot, benih dan sekam yang sebagai media tanamnya, dikemas secara menarik.

Inovasi pembuatan boneka potty ternyata bukan hanya sekedar keindahan, melainkan mempunyai konsep edukasi. Tujuan konsep ini adalah mengajarkan anak-anak untuk menanam, merawat dan menyanyangi tanaman sejak dini. Tujuannya agar menumbuhkan rasa cinta terhadap alam dan lingkungan, di dalam diri mereka.

Baca Juga: Manfaat Boneka Potty, Pot Tanaman Cantik yang Berbentuk Seperti Boneka
Pisang Cavendish, Buah Tropis Asal Indonesia yang Sering Disangka Impor

Manfaat boneka potty

1. Mengenalkan sejak dini kepada anak-anak, bagaimana kegiatan berkebun, mulai dari proses menanam sampai merawat tanaman.
2. Mengajarkan anak-anak untuk bertanggungjawab, kreatif, imajinatif, dan disiplin karena harus menanam mainan yaitu boneka potty.
3. Memanfaatkan sisa-sisa industri kayu sehingga mengurangi limbah.
4. Mengajarkan cinta dan peka serta peduli lingkungan kepada anak.
5. Hadiah orang tersayang, yang sangat unik dan berbeda dari yang lain.
6. Jadi pilihan souvenir eco friendly dan go green. Cara ini turut mendukung dalam memerangi global warming atau pemanasan global.

Itu dia manfaat dari boneka potty. Diharapkan dengan hadirnya boneka ini, bisa menjadi sarana edukasi bagi anak-anak mengenai lingkungan alam. Tertarik untuk merawatnya, Sobat Agri?