Intip Yuk, 5 Tanaman Air yang Cocok untuk Kolam Ikan Koi

Ilustrasi Bunga Teratai. (Pixabay)

Editor: Dera - Senin, 24 Januari 2022 | 13:00 WIB

Sariagri - Kolam ikan koi akan lebih indah apabila ditambahkan aksen tanaman air. Bukan hanya mempercantik, keberadaan tanaman dapat memberikan manfaat tersendiri bagi kolam maupun ikan yang dipelihara.

Tanaman yang mengapung di atas permukaan air dapat memberikan naungan bagi si ikan koi sendiri, sehingga meneduhkan dasar kolam dan suhu air pun bahkan akan terhindar dari panas yang menyengat.

Selain itu, keberadaan tanaman air pada kolam ikan di rumah memberikan oksigen yang diperlukan bagi ikan-ikan di dalamnya. Lantas tanaman air apa saja yang cocok ditanam pada kolam ikan koi, berikut telah dilansir dari laman Pond Informer.

1. Bambu air

Bambu air atau scouring rush merupakan tanaman prasejarah yang hidup selama ratusan juta tahun. Tanaman ini memiliki bentuk ruas menyerupai bambu namun memiliki batang yang lentur. Bentuknya yang tinggi dan rapi sangat cocok digunakan sebagai penghias kolam di taman minimalis. Tanaman ini menyaring air dengan sangat baik dengan akar yang dalam.

2. Apu apu

Tanaman apu apu memiliki daun cukup lebar dan tumbuh dalam kelompok, sehingga cocok digunakan sebagai tempat berteduh ikan. Tanaman ini secara alami menghilangkan ganggang dan nutrisi berlebih di air. Selain sebagai tempat berteduh, apu-apu juga digunakan koi sebagai sumber makanan dan tempat bersembunyi.

3. Teratai

Ini merupakan tanaman air paling populer karena daunnya yang lebar dan bunganya yang cantik. Karena daunnya yang berukuran besar, tanaman ini membutuhkan ruang yang cukup luas untuk tumbuh. Koi menggunakan daun teratai untuk berteduh dan bersembunyi, ia tidak tertarik memakan daun dan akarnya karena rasanya kurang disukai.

Baca Juga: Intip Yuk, 5 Tanaman Air yang Cocok untuk Kolam Ikan Koi
5 Jenis Ikan Koi yang Banyak Dicari dari Harga Ratusan sampai Jutaan

4. Lili air

Sama dengan teratai, lili merupakan tanaman air yang berkelopak kecil untuk itu ini sangat cocok jika ditanam di kolam di rumah yang berukuran kecil hingga sedang. Lili air mampu hidup di air yang dingin dengan sedikit sinar matahari. Tanaman ini sangat cocok ditanam di kolam koi karena dapat digunakan sebagai tempat bertelur dan berteduh. Koi juga sangat menyukai daun dan akarnya untuk dimakan.

5. Eceng gondok

Tanaman yang banyak ditemukan di rawa-rawa atau danau ini sangat disukai oleh ikan koi untuk santapan. Namun karena koi suka memakannya, sebaiknya bersihkan filter kolam secara rutin untuk mencegah penyumbatan sisa makanan.