Bisa Tingkatkan Hasil Panen, Begini Cara Penyerbukan dengan Tangan

Ilustrasi penyerbukan_tangan. (pixabay)

Editor: Dera - Senin, 24 Januari 2022 | 22:00 WIB

Sariagri - Teknik penyerbukan dengan tangan atau hand pollination merupakan salah satu teknik yang bisa diandalkan untuk meningkatkan hasil panen yang rendah di kebun. Keterampilan sederhana ini cukup mudah dipelajari, bahkan bagi petani pemula sekalipun.

Melansir The Gardening knowhow, penyerbukan dengan tangan adalah teknik transfer manual serbuk sari dari benang sari atau bagian jantan bunga ke putik atau bagian betina. Tujuannya adalah untuk membantu proses reproduksi tanaman.

Teknik penyerbukan dengan tangan tergantung pada seksualitas tanaman serta prosesnya. Teknik yang paling sederhana adalah dengan mengguncang tanaman. Cara ini efektif untuk tanaman yang menghasilkan bunga hermaprodit, di mana bunga tersebut memiliki sel jantan dan betina sekaligus.

Contoh tanaman pekarangan dengan bunga hermaprodit antara lain tomat, paprika, dan terong. Angin sepoi-sepoi biasanya cukup untuk membantu bunga hermaprodit dalam proses reproduksi seksual.

Menanam tanaman ini di area terlindung, seperti taman berdinding tembok, rumah kaca atau di dalam ruangan, dapat menghasilkan buah yang rendah sehingga membutuhkan penyerbukan dengan tangan.

Keuntungan penyerbukan dengan tangan

Penyerbukan dengan tangan sangat bermanfaat untuk meningkatkan hasil panen yang sebelumnya berkurang akibat menurunnya populasi serangga penyerbuk. Belakangan ini, lebah yang terinfeksi parasit dan penyakit semakin meningkat, selain tingginya penggunaan pestisida yang menyebabkan berkurangnya spesies serangga penyerbuk.

Tanaman yang sering dipengaruhi oleh penurunan populasi penyerbuk adalah jagung, labu dan melon. Tumbuhan berumah satu ini menghasilkan bunga jantan dan betina pada tanaman yang sama, tetapi setiap individu bunga memiliki bagian jantan atau betina.

Untuk menyerbuki tanaman labu, melon, dan mentimun, cabut kelopak bunga jantan, dan gunakan kuas kecil atau kapas untuk memindahkan serbuk sari ke putik. Bunga jantan tanpa kelopak juga dapat dipetik dan digunakan untuk menyeka bunga betina.

Penyerbukan dengan tangan untuk pemuliaan tanaman

Salah satu tujuan penyerbukan dengan tangan adalah untuk menciptakan varietas hibrida atau perbanyakan spesies murni, kontaminasi silang dengan serbuk sari yang tidak diinginkan harus menjadi perhatian utama.

Pada bunga yang melakukan penyerbukan sendiri, mahkota dan benang sari harus sering dihilangkan. Bahkan dengan tanaman berumah satu dan berumah dua, pengumpulan dan distribusi serbuk sari harus hati-hati.

Baca Juga: Bisa Tingkatkan Hasil Panen, Begini Cara Penyerbukan dengan Tangan
Berkebun Ternyata Bisa Menurunkan Resiko Kematian

Untuk menghindari kontaminasi silang, gunakan alat dan tangan yang bersih, lalu kumpulkan serbuk sari matang dari bunga yang belum dibuka. Simpan serbuk sari di tempat yang sejuk lakukan penyerbukan, kemudian tutup putik dengan selotip.

Jika harus menunggu bunga terbuka untuk mengumpulkan serbuk sari matang, cegah serangga dan angin mencemari serbuk sari untuk mencegah kontaminasi silang yang tidak diharapkan.

Video Terkait