Cara Budidaya Jambu Kristal, Buah dengan Nilai Ekonomi Menjanjikan

Ilustrasi - Buah jambu biji.(Pixabay)

Editor: Arif Sodhiq - Senin, 24 Januari 2022 | 14:10 WIB

Sariagri - Jambu kristal merupakan salah satu varietas jambu biji yang bermutasi dari residu Muangthai Pak, ditemukan pertama kali tahun 1991 di Distrik Kao Shiung, Taiwan. Pada 2001 melalui Misi Teknik Taiwan bekerja sama dengan IPB University melakukan proyek percontohan budidaya jambu kristal.

Karakter utama jambu kristal yaitu memiliki biji sangat sedikit atau bisa dikatakan jambu tanpa biji meski tergolong jenis jambu biji. Bentuk buah jambu kristal bulang sedikit gepeng dengan permukaan buah menonjol atau tidak rata. Daging jambu kristal mempunyai tekstur renyah.

Budidaya jambu kristal dinilai sangat menggiurkan karena harga jual buahnya lebih mahal dibandingkan jenis jambu biji lainnya.

Berikut, cara budidaya jambu kristal agar tumbuh dan berbuah maksimal:

1. Syarat tumbuh

Jambu kristal paling cocok pada wilayah dengan curah hujan 1.000-3.000 mm per tahun, pH tanah sekitar 5,5 - 6,5, dan tanah dengan humus tebal kaya bahan organik serta drainase yang baik.

2. Persiapan bibit

Bibit jambu kristal bisa didapat dari beberapa teknik perbanyakan seperti biji, stek, okulasi maupun persilangan. Namun, pada umumnya penanaman jambu kristal menggunakan bibit dari stek, okulasi pucuk maupun metode tempel persusuan. Bibit stek maupun okulasi dinilai lebih cepat menghasilkan buah dibandingkan metode persemaian dengan biji.

3. Persiapan lahan

Lahan yang baik di lokasi yang banyak terkena sinar matahari dan pengairan yang cukup. Lakukan pembajakan sedalam 30 sentimeter dan pembalikan tanah, berikan kapur pertanian, sekam atau arang sekam dan bahan organik lainnya. Untuk budidaya jambu kristal di dalam pot, media tanam yang terdiri dari tanah, pupuk kandang dan arang sekam dengan perbandingan masing -masing (1:2:2).

4. Penanaman

Bibit jambu kristal dapat ditanam dengan jarak antara baris sekitar 3,3 - 4 meter dan jarak antar pohon sekitar 2,7-3,6 meter.

5. Pemupukan

Tanaman jambu kristal usia 0-1 tahun berikan setiap pohon dengan campuran 40 kilogram pupuk kandang, 5 kilogram TSP, 100 gram urea, dan 20 gram kalium sulfat.

Tanaman jambu kristal usia 1-3 tahun berikan setiap pohon dengan campuran 250 gram NPK, 250 gram TSP. Pemupukan ini diulang setiap 3 bulan sekali dengan dosis yang sama untuk setiap pohon jambu kristal.

Tanaman jambu kristal usia di atas 3 tahun berikan campuran pupuk kandang sebanyak 40 kilogram per tanaman, 250 gram TSP, dan 250 gram NPK.

6. Penyiraman

Selama 2 minggu setelah ditanam, bibit jambu kristal perlu disiram sebanyak 2 kali sehari pada pagi dan sore, khususnya saat kondisi kemarau. Setelah 2 minggu, penyiraman dilakukan satu kali pada sore hari saja.

Pada musim hujan, pastikan tanah di lahan jambu kristal tidak tergenang air untuk mencegah serangan penyakit dan gangguan pertumbuhan tanaman.

7. Pemangkasan

Jambu kristal dapat berbuah setelah memasuki usia 1 tahun, namun pastikan di usia 0-1 tahun pohon tidak boleh berbuah. Lakukan pemangkasan pada batang utama agar cabang sekunder terbentuk. Cabang sekunder menjadi yang paling potensial untuk menghasilkan buah dan bentuk dahan yang baik. Namun, cabang dan batang yang terlalu rendah perlu dipangkas untuk menghindari buah tersentuh tanah.

8. Pengendalian hama penyakit

Untuk pencegahan serangan hama penyakit, tanaman jambu kristal perlu diberikan penyemprotan pestisida  dan fungisida. Untuk penanganan hama lalat buah dan kutu daun dapat disemprot dengan insektisida yang sesuai target hama tersebut sebanyak 2 kali seminggu, setelah sebulan sebelum panen penyemprotan dihentikan.

9. Pembungkusan buah

Buah yang terlalu banyak akan menghasilkan ukuran yang kecil. Setiap cabang dipertahankan hanya ada 1-2 buah saja. Buang buah yang kecil, menghadap ke atas, berbentuk tidak bagus, terluka atau terkena penyakit. Sementara buah yang terpilih perlu dibungkus untuk menghindari serangan hama dan penyakit selama masa pembesaran dan pemasakan buah.

Baca Juga: Cara Budidaya Jambu Kristal, Buah dengan Nilai Ekonomi Menjanjikan
Jambu Biji Merah Sucinaraja Harganya Jatuh Justru Saat Panen Raya

Lakukan pembungkusan pada bakal buah atau buah kecil yang tidak rontok dengan ciri berdiameter 2,5-3 sentimeter. Gunakan kertas pembungkus buah yang dilapisi kantong plastik transparan. Pembungkusan buah bisa dilakukan dengan mengikat kantong plastik di cabang tempat buah berada atau di tangkai daun buah.

10. Panen

Jambu kristal sebaiknya dipanen pada pagi hari, sebab cuaca yang terlalu terik saat panen dapat mempengaruhi penilaian warna buah. Panen dengan cara yang tepat dan berhati-hati. Jangan sampai buah jambu kristal terbentur, terluka, tertindih atau terpapar sinar matahari secara langsung.

Video: