Bukan Ganja, Ini 5 Tanaman Herbal yang Bisa Menghasilkan Asap

Mullein kering yang hancur bahan dasar campuran rokok herbal. (Modern Farmer)

Editor: Tatang Adhiwidharta - Senin, 24 Januari 2022 | 15:10 WIB

Sariagri - Beberapa tanaman ini bisa aman, menyenangkan, ketika dinyalakan dalam sebuah pipa atau kertas linting. Tak seperti ganja, 5 tanaman ini benar-benar aman untuk digunakan dan legal.

Meskipun tidak akan membuat mabuk, ketika dicampur sesuai dengan petunjuk yang pas, ramuan ini menghasilkan asap yang halus dan lezat serta menenangkan. Semua varietas tanaman di bawah ini dapat dibeli secara online atau di toko herbal yang lengkap. Bahkan kamu juga dapat menanamnya sendiri.

Memang ada sejumlah tanaman herbal yang dapat dibakar dan paling umum digunakan serta mudah ditanam di rumah. Hal ini dilakukan untuk bisa menenangkan pikiran dan juga bagian dari rokok herbal.

Bukan Ganja, Ini Tanaman Herbal yang Bisa Menghasilkan Asap

1. Mullein (Verbascum thapsus)

Tanaman Mullein memiliki sejarah panjang digunakan sebagai tonik paru-paru. Ini benar-benar dapat membantu kamu berhenti batuk ketika sakit.

Jika dijadikan rokok, asapnya sangat ringan, hampir seperti udara yang dihisap hampir tidak berasa.

Adapun jenis tanaman, ramuan dua tahunan ini tumbuh hingga dua kaki lebar di pangkal, dengan tangkai bunga naik enam kaki atau lebih.

Mullein dianggap sebagai gulma taman, tanaman berdaun berbulu ini sangat mudah tumbuh dari biji yang ditanam langsung di kebun pada musim semi. Ia lebih menyukai lokasi yang cerah dan tanah yang dikeringkan dengan baik dan tidak terlalu subur.

Scutellaria spp. (Modernfarmer)
Scutellaria spp. (Modernfarmer)

2. Tanaman Tengkorak (Scutellaria spp.)

Skullcap memiliki efek menenangkan ringan saat dihisap. Ramuan ini memiliki asap sedang, dengan rasa yang cukup netral.

Jenis tanaman menyebar, ia tumbuh setinggi sekitar satu kaki, memiliki katup. Adapun cara menanam, tabur benih di dalam ruangan pada musim semi, menanam bibit di lokasi yang cerah atau sebagian teduh dengan tanah yang subur setelah cuaca menghangat. Skullcap membutuhkan irigasi mingguan selama periode kering. Potong dedaunan kering ke tanah setiap musim gugur.

Coltsfoot (Tussilago farfara). (Modernfarmer)
Coltsfoot (Tussilago farfara). (Modernfarmer)

3. Coltsfoot (Tussilago farfara)

Sifat herbal Coltsfoot adalah ekspektoran, membantu membebaskan dahak dari paru-paru.

Apabila dihisap ramuan ini adalah asap ringan dengan rasa netral, tetapi dapat menyebabkan batuk parah jika digunakan dalam konsentrasi tinggi dalam campuran rokok.

Jenis tanaman setinggi 6 hingga 12 inci ini menyebar melalui rimpang bawah tanah untuk membentuk koloni yang luas di bawah kondisi pertumbuhan yang optimal.

Adapun cara menanam, biji coltsfoot kering berkecambah, di tanam dalam pot. Tanah yang kaya dan lembab dan lokasi di bawah sinar matahari penuh atau sebagian teduh adalah kondisi pertumbuhan yang disukai tanaman ini.

4. Mugwort (Artemesia vulgaris)

Sifat Herbal tanaman ini merupakan budaya kuno dengan mengisap mugwort bisa membuat mimpi. Ini juga menghasilkan efek psikotropika yang sangat ringan.

Kualitas untuk dihisap sebagai rokok ramuan ini adalah asap ringan dengan rasa yang menyenangkan dan sedikit manis. Mugwort adalah tanaman tahunan yang menyebar hingga setinggi 2 kaki.

Cara Menanam mugwort lebih mudah dimulai dari tanaman pot, atau dengan mentransplantasikan rumpun dari petak yang sudah ada. Tanaman ini tumbuh subur dengan sedikit perawatan setelah terbentuk, tetapi tetap berhati-hati ini bisa menjadi invasif, terutama di lokasi yang lembab.

5. Uva-Ursi (Arctostaphylos uva-ursi)

Khasiat Herbal dari tanaman dengan nama Algonquin kinnikinnick, telah lama dihisap oleh suku asli Amerika untuk keperluan upacara.

Ramuan Uva-ursi adalah asap sedang dengan rasa yang kuat. Jenis Tanaman berkayu yang menarik ini, tumbuh setinggi sekitar 6 inci, adalah tanaman lansekap yang populer.

Cara Menanam Uva-ursi sangat sulit diperbanyak dengan biji, jadi yang terbaik adalah mendapatkan spesimen pot dari pembibitan. Ia tumbuh di bawah sinar matahari penuh atau teduh terang, drainase yang baik sangat penting. Uva-ursi tahan kekeringan dan membutuhkan sedikit perawatan setelah terbentuk.

Video Terkait