5 Tanaman yang Ampuh Usir Lalat, Bisa Letakkan di Teras Rumah

Ilustrasi tanaman rosemary. (pixabay)

Penulis: Rashif Usman, Editor: M Kautsar - Senin, 24 Januari 2022 | 16:10 WIB

Sariagri - Lalat merupakan salah satu hewan yang mudah berkembang biak dimana saja, termasuk di dalam rumah. Keberadaan lalat di dalam rumah tentunya bisa mengganggu aktivitas para penghuninya.

Umumnya penghuni rumah akan menggunakan semprotan pembasmi hama. Namun, tahukah kamu ternyata sejumlah tanaman ini juga bisa digunakan untuk mengusir lalat.

Tanaman pengusir lalat bisa ditanam tepat di luar pintu, seperti teras rumah atau di dalam jendela dekat dapur. Kualitas tanaman ini akan meningkat ketika daun-daunnya dimemarkan, menghasilkan ekstrak minyak esensial yang ampuh mengusir lalat.

Ini lima tanaman yang ampuh usir lalat, dikutip dari Gardening How to Know.

1. Basil

Basil merupakan tanaman herbal pengusir lalat yang mudah untuk tumbuh. Selain itu, tanaman ini juga mampu mengeluarkan aroma yang menyegarkan.

Untuk memberikan perlindungan pada kulit dari lalat dan serangga lainnya, kamu bisa memarkan daun basil, ambil ekstraknya lalu gosokkan pada kulit.

2. Lavender

Lavender merupakan tanaman pengusir lalat yang terlihat cantik ketika ditanam di teras rumah. Selain itu, kamu bisa menggantung lavender segar atau kering di lemari ntuk mengusir ngengat.

3. Rosemary

Aroma kuat yang dikeluarkan dari tanaman rosemary ampuh untuk mengusir lalat. untuk tumbuh maksimal, rosemary membutuhkan sinar matahari penuh. Kamu dapat menanamnya di dalam pot di teras untuk mencegah lalat masuk ke dalam rumah.

Baca Juga: 5 Tanaman yang Ampuh Usir Lalat, Bisa Letakkan di Teras Rumah
Berikut 3 Tanaman Obat yang Bisa Ditanam dalam Pot

4. Catnip

Rekomendasi tanaman pengusir selanjutnya adalah Catnip. Tanaman ini merupakan tanaman sejenis mint yang dapat tumbuh di mana saja. Sebaiknya kamu menanam catnip di area yang cukup mendapatkan sinar matahari.

5. Daun Salam

Daun salam tidak hanya bermanfaat untuk olahan masakan, tetapi juga bisa berkhasiat untuk mengusir lalat. Selain lalat, ternyata daun salam juga bisa mencegah kumbang yang menyerang makanan kering.

Video Terkait