Segudang Manfaat yang Akan Didapat Jika Rajin Mengkonsumsi Pepaya

Manfaat Biji Pepaya untuk Kesehatan

Penulis: Triana, Editor: M Kautsar - Senin, 24 Januari 2022 | 18:10 WIB

Sariagri - Seperti kita ketahui, hampir semua buah-buahan memiliki segudang manfaat untuk kesehatan, tidak terkecuali buah pepaya.

Bukan cuma rasanya yang enak, pepaya juga mengandung banyak sekali nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Sudah diketahui oleh banyak orang bahwa buah-buahan memiliki segudang manfaat untuk kesehatan.

Seperti buah yang berasal dari Meksiko ini, dikenal luas oleh masyarakat indonesia dengan nama pepaya, buah ini bukan hanya mempunyai rasa yang enak, akan tetapi buah ini mengandung banyak nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh.

Di dalam buah pepaya sendiri mengandung banyak nutrisi seperti, vitamin C, A, B1, B3, B5, dan K, serta enzim, serat, antioksidan, dan mineral.

Buah yang memiliki nama latin Carica papaya ini terbilang cukup unik, pasalnya hampir semua bagian pepaya bisa dikonsumsi, dari buah, daun sampai bunganya.

Banyaknya nutrisi yang terkandung dalam satu buah pepaya jika kamu rutin mengkonsumsinya, maka banyak pula manfaat yang akan kamu dapatkan.

Begitulah keunggulan buah pepaya. Dirangkum dari berbagai sumber, delapan manfaat buah pepaya untuk kesehatan tubuh:

Pepaya Mencegah Peradangan Kronis

Buah-buahan dan sayuran yang kaya antioksidan dipercaya mampu mengurangi inflamasi atau peradangan kronis. Dalam hal ini, pepaya juga termasuk salah satu buah-buahan yang mengandung antioksidan tinggi.

Meredakan Nyeri Menstruasi

Ketika sedang menstruasi, beberapa wanita merasakan nyeri atau kram di bagian perut. Untuk meredakan rasa sakit, wanita haid sebaiknya konsumsi pepaya.

Karena, kandungan enzim papain dalam pepaya bermanfaat menjaga sistem pencernaan hingga meredakan nyeri menstruasi.

Menjaga Kesehatan Mata

Buah pepaya berkontribusi menjaga metabolisme sel pada mata, tepatnya di bagian retina. Sehingga, dengan rutin konsumsi pepaya, kesehatan mata pun akan terjaga dan terhindar dari risiko mata kering.

Mencegah Kanker

Buah pepaya juga sangat bermanfaat bagi penderita kanker, terutama kanker payudara. Dalam sebuah penelitian, kandungan likopen dalam pepaya dapat mengurangi risiko kanker.

Menjaga Kesehatan Jantung

Likopen dan vitamin C dalam pepaya dapat menjaga kesehatan jantung dan mencegah risiko penyakit kardiovaskular. Selain itu, konsumsi pepaya juga bisa meningkatkan kemampuan kolesterol baik. Jadi, tak ada salahnya menambahkan pepaya ke dalam makanan harian mu ya.

Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Beta karoten (provitamin A) pada buah pepaya berperan penting dalam proses produksi antibodi. Nantinya, antibodi inilah yang akan meningkatkan sistem kekebalan atau imunitas tubuh.

Melancarkan Pencernaan

Baca Juga: Segudang Manfaat yang Akan Didapat Jika Rajin Mengkonsumsi Pepaya
Viral di Medsos Makan Biji Pepaya Bisa Bersihkan Cacing Parasit di Tubuh, Ahli Ungkap Faktanya



Sampai saat ini, banyak orang percaya manfaat buah pepaya untuk melancarkan pencernaan, termasuk buang air besar. Buah pepaya juga dijadikan sebagai obat sembelit dan gejala lain dari Irritable Bowel Syndrome (IBS) atau sindrom iritasi usus.

Menurut Research Center of The International Scientific Group of Preventive Medicine, konsumsi pepaya selama 40 hari efektif mengatasi kembung.

Meningkatkan Produksi ASI

Tak ketinggalan, manfaat buah pepaya juga dapat dirasakan oleh wanita hamil dan ibu menyusui. Kandungan vitamin C, vitamin E, dan asam folat pada pepaya dapat meningkatkan produksi air susu ibu (ASI).

Video Terkait