Walau Memiliki Rasa Pahit, Buah Mengkudu Baik Untuk Kesehatan

Manfaat buah mengkudu. (Pixabay)

Penulis: Triana, Editor: M Kautsar - Senin, 24 Januari 2022 | 20:40 WIB

Sariagri - Kamu pasti tahu buah mengkudu atau Morinda citrifolia, jika di Aceh buah ini dikenal dengan nama pace atau noni untuk orang-orang Betawi.

Tanaman yang dapat tumbuh di dataran rendah ini memiliki tinggi pohon mencapai 3 hingga 8 meter.

Memiliki warna hijau mengkilap ketika masih muda, buah ini akan berubah menjadi warna putih dengan bintik-bintik hitam ketiak sudah tua.

Baunya yang menyengat dan rasanya yang pahit, membuat banyak orang yang tidak suka dengan buah yang satu ini. Padahal buah ini memiliki manfaat untuk kesehatan. Berikut manfaatnya.

1. Tekanan Darah Tinggi

Mengkonsumsi buah mengkudu 4 ons yang sudah di jadikan jus setiap harinya dalam satu bulan kamu akan mendapatkan manfaatnya, yakni mengurangi tekanan darah.

2. Kanker

Mengkonsumsi buah mengkudu 6-8 gram setiap harinya dapat bermanfaat membantu meningkatkan fungsi fisik, kelelahan serta rasa sakit pada pengidap kanker stadium lanjut. Hanya saja mengkudu tidak mengurangi ukuran tumor.

3. Atasi MualBaca Juga: Walau Memiliki Rasa Pahit, Buah Mengkudu Baik Untuk Kesehatan
Manfaat Luar Biasa Buah Mengkudu yang Harus Kamu Ketahui



Saat merasakan mual setelah usai menjalani operasi, dapat kamu atasi dengan mengonsumsi buah mengkudu.

4. Menurunkan Gula Darah pada Pengidap Diabetes

Buah mengkudu yang kamu jadikan jus dipercaya kaya kandungan antioksidan. Kandungan tersebut pula akan membantu mencegah kerusakan sel akibat molekul yang disebut radikal bebas, sehingga dapat menjaga kesehatan, seperti menurunkan gula darah.

Kandungan mengkudu

Zat nutrisi: secara keseluruhan mengkudu merupakan buah makanan bergizi lengkap. Zat nutrisi yang dibutuhkan tubuh, seperti protein, vitamin, dan mineral penting, tersedia dalam jumlah cukup pada buah dan daun mengkudu. Selenium, salah satu mineral yang terdapat pada mengkudu merupakan antioksidan yang hebat. Berbagai jenis senyawa yang terkandung dalam mengkudu: xeronine, plant sterois,alizarin, lycine, sosium, caprylic acid, arginine, proxeronine, antra quinines, trace elemens, phenylalanine, magnesium, dll.

Terpenoid. Zat ini membantu dalam proses sintesis organic dan pemulihan sel-sel tubuh.

Zat anti bakteri.Zat-zat aktif yang terkandung dalam sari buah mengkudu itu dapat mematikan bakteri penyebab infeksi, seperti Pseudomonas aeruginosa, Protens morganii, Staphylococcus aureus, Bacillus subtilis, dan Escherichia coli. Zat anti bakteri itu juga dapat mengontrol bakteri pathogen (mematikan) seperti Salmonella montivideo, S . scotmuelleri, S . typhi, dan Shigella dusenteriae, S . flexnerii, S . pradysenteriae, serta Staphylococcus aureus.

Scolopetin. Senyawa scolopetin sangat efektif sebagi unsur anti peradangan dan anti-alergi.

Zat anti kanker. Zat-zat anti kanker yang terdapat pada mengkudu paling efektif melawan sel-sel abnormal.

Xeronine dan Proxeronine. Salah satu alkaloid penting yang terdapt di dalam buah mengkudu adalah xeronine. Buah mengkudu hanya mengandung sedikit xeronine, tetapi banyak mengandung bahan pembentuk (precursor) xeronine alias proxeronine dalam jumlah besar.

Proxeronine adalah sejenis asam nukleat seperti koloid-koloid lainnya. Xeronine diserap sel-sel tubuh untuk mengaktifkan protein-protein yang tidak aktif, mengatur struktur dan bentuk sel yang aktif.

Viedo Terkait:

Video Terkait