Mengenal Jambu Kristal, Pengembangan Jambu Biji yang Punya Kualitas Super

Ilustrasi jambu kristal. (Foto: Pixabay)

Editor: Tanti Malasari - Selasa, 25 Januari 2022 | 15:40 WIB

Sariagri - Akhir-akhir ini jambu kristal sedang naik daun. Ia banyak diolah menjadi rujak yang sering dijajakan di pinggiran jalan. Pada dasarnya jambu ini merupakan mutasi dari jambu Muanghtai Pak yang ditemukan pada 1991 di Distrik Kao Shiung.

Jambu ini disebut jambu kristal, sebab warna daging buahnya sangat jernih dan bersih seperti kristal. Ia memiliki kulit hijau terang dan bentuk bulat yang bisa berbuah sepanjang tahun. Jambu ini menjadi jambu biji dengan kualitas super.

Kedua jenis jambu ini sebenarnya tidak jauh berbeda. Perbedaan mendasar hanya terletak pada biji dan dagingnya. Jumlah biji jambu kristal lebih sedikit dibandingkan jambu biji. Lalu untuk dagingnya, teksturnya lebih renyah dibandingkan jambu biji. Hal inilah yang membuatnya lebih banyak diminati orang. Jambu kristal juga mempunyi 2 jenis, yaitu jambu kristal merah dan jambu kristal putih.

Manfaat jambu kristal bagi kesehatan

Jambu yang tengah viral ini memiliki banyak nutrisi baik. Bahkan beberapa kandungan di dalamnya bisa mengobati berbagai penyakit, seperti asam lambung yang menyebabkan maag sampai masalah kesehatan lain.

1. Menangkal radikal bebas

Jambu dengan nama latin psidium guajava ini sangat kaya akan antioksidan. Senyawa ini berperan penting bagi kesehatan tubuh. Senyawa ini membantu tubuh dalam menangkal radikal bebas, yang memberi pengaruh buruk bagi kesehatan. Efeknya bisa mempercepat penuaan dini dan memunculkan penyakit berbahaya seperti kanker.

2. Melancarkan saluran pencernaan

Selain antioksidan, jambu ini juga mengandung serat yang tinggi. Kandungan serat alami ini mampu melancarkan saluran pencernaan, dengan membuat pergerakan usus untuk mencerna dengan mudah.

3. Mencegah dan mengobati sariawan

Vitamin C yang terkandung jambu ini sangat besar. Bahkan jumlahnya bisa 2 kali lipat lebih banyak dibandingkan dengan buah jeruk. Hal ini sangat bermanfaat untuk mencegah dan mengobati sariawan.

4. Menjaga kesehatan mata

Vitamin A tidak hanya didapat dari wortel saja, tetapi juga jambu jenis ini. Vitamin A yang diberikan bisa mencapai 21 persen dari kebutuhan harian yang dibutuhkan tubuh. Vitamin ini tentu akan sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata sehingga bisa terhindar gangguan mata seperti halnya silinder, rabun jauh, rabun dekat hingga rabun ayam.

5. Menurunkan berat badan

Berkat kandungan serat yang dimiliki jambu ini cukup tinggi, maka akan membantu dalam menurunkan berat bada. Serat sangat dibutuhkan karena bisa melancarkan pencernaan dan membuat perut merasa kenyang lebih lama. Ditambah lagi kadar kalorinya sangat rendah, sehingga aman jika dikonsumsi saat program diet.

6. Menjaga kesehatan jantung

Buah yang satu ini juga memberi peranan penting terhadap sistem organ tubuh yang sangat vital seperti jantung. Kalium yang terkandung di dalam jambu ini bisa membantu menjaga kesehatan jantung dengan cara menurunkan kolesterol jahat serta tekanan darah, yang menjadi penyebab penyakit jantung.

7. Menjaga kesehatan kulit

Kandungan vitamin E pada jambu ini juga sangat baik untuk menjaga kesehatan kulit. Vitamin E ini berperan dalam pembentukan kolagen yakni protein yang bisa membantu pembentukan struktur serta menjaga kelembaban kulit.

Baca Juga: Mengenal Jambu Kristal, Pengembangan Jambu Biji yang Punya Kualitas Super
Bunga Telang, Tanaman Herbal yang Bisa Obati Berbagai Macam Penyakit

8. Baik bagi ibu hamil

Jambu jernih ini ternyata juga mengandung asam folat, yang sangat dibutuhkan oleh ibu hamil. Asam folat diperlukan untuk memenuhi asupan nutrisi ibu dan janin yang ada dalam kandungan. Perannya sangat penting dalam mencegah bayi lahir cacat dan mengoptimalkan perkembangan otak janin.

9. Meningkatkan daya tahan tubuh

Kandungan vitamin C dari jambu ini juga berkhasiat untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Hal ini berguna agar terhindar dari serangan berbagai penyakit yang disebabkan oleh virus dan bakteri.

Video Terkait