Fakta Jeruk Nipis, Si Mungil yang Punya Manfaat Besar Bagi Kesehatan

Ilustrasi jeruk nipis (Unsplash)

Editor: Tanti Malasari - Selasa, 25 Januari 2022 | 17:30 WIB

Sariagri - Jeruk nipis atau nama latinnya Citrus aurantifolia, adalah tanaman yang berasal dari Asia. Ia dapat tumbuh dengan subur jika berada di daerah yang beriklim tropis. Dalam sehari-hari, ia sering digunakan untuk menambah rasa asam pada masakan. Rasanya yang asam dan kecut ini menjadi pelengkap rasa dalam makan soto ataupun bakso.

Namun tidak hanya untuk masakan, tetapi jeruk ini juga mengandung berbagai macam vitamin dan senyawa baik yang bagi kesehatan tubuh. Sebut saja diantaranya adalah vitamin C, vitamin B, zat besi, kalsium, tiamin, kalium, dan masih banyak lagi.

Spesifikasi jeruk nipis

Secara fisik, buah yang berasal dari famili Rutaceae dengan genus Citrus ini, memiliki warna hijau, dengan bentuk bulat dan memiliki diameter 3-6 sentimeter. Namun ketika sudah matang, kulitnya berubah warna menjadi kekuningan,

Pohon yang punya nama lain key lime ini memiliki tinggi sekitar 150-350 cm dan buah berkulit tipis serta bunga berwarna putih. Ia memiliki rasa yang didominasi oleh rasa asam, dengan sedikit rasa manis dan pahit. Hal inilah yang menjadi alasan mengapa buah ini tidak disarankan untuk dikonsumsi secara langsung.

Manfaat jeruk nipis untuk kesehatan

1. Meningkatkan kekebalan tubuh

Sebuah penelitian pada tahun 2018 mengatakan bahwa vitamin C yang terkandung jeruk kecil ini dapat membantu meningkatkan produksi sel darah putih. Hal ini tentu sangat berdampak kekebalan tubuh semakin meningkat.

2. Melancarkan pencernaan

Manfaat kedua yaitu melancarkan pencernaan. Kandungan flavonoid dalam jeruk ini mampu merangsang sistem pencernaan dan meningkatkan sekresi cairan pencernaan, empedu, dan asam sehingga pergerakan dalam usus berjalan dengan lancar.

3. Melawan infeksi

Kandungan jeruk nipis diungkapkan dalam sebuah penelitian dalam jurnal Evidence-Based Complementary and Alternative Medicine, dapat melindungi tubuh dari berbagai macam bakteri dan virus yang menyebabkan penyakit.

4. Menyembuhkan batuk

Jeruk mungil ini juga mengandung asam sitrat yang lebih banyak dari jeruk lainnya. Selain itu ia juga punya senyawa beta-karoten, flavonoid, dan limonoid. Semua kandungan tersebut membantu mengencerkan dahak dan meredakan batuk.

5. Menurunkan berat badan

Selain meredakan batuk, kandungan asam sitrat jeruk ini juga mampu meningkatkan sistem metabolisme tubuh dengan membakar lebih banyak kalori. Dengan begitu, lemak dapat terbakar dan berat badan pun bisa turun dengan perlahan.

6. Mencegah diabetes

Serat yang terkandung dalam jeruk ini juga dapat menurunkan kadar gula dalam darah. Hal ini dikarenakan serat membantu mengatur penyerapan gula ke dalam aliran darah, sehingga risiko lonjakan gula darah dapat dicegah.

7. Mengurangi risiko penyakit jantung

Kandungan vitamin C, potasium dan magnesium dari jeruk ini mampu menurunkan tekanan darah, meningkatkan sirkulasi darah dan mengurangi peradangan pembuluh darah sehingga mengurangi risiko penyakit jantung.

8. Menurunkan kolesterol

Jeruk ini mengandung zat hesperidin dan limonin yang bermanfaat untuk membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dan trigliserida dalam tubuh, sehingga kadar kolesterol dapat menurun.

9. Meredakan radang sendi

Sifat anti-inflamasi dari jeruk ini juga dipercaya dapat mengatasi masalah peradangan sendi, yang dipengaruhi oleh kelebihan asam urat dalam tubuh.

10. Mengobati tukak lambung

Vitamin C, senyawa antioksidan yang disebut flavonoid (limonin glukosida) yang memiliki sifat anti-karsinogenik, antibiotik, dan detoksifikasi yang dimiliki jeruk ini, mampu mengobati proses penyembuhan tukak lambung.

Baca Juga: Fakta Jeruk Nipis, Si Mungil yang Punya Manfaat Besar Bagi Kesehatan
Mengenal Jambu Kristal, Pengembangan Jambu Biji yang Punya Kualitas Super

Namun disarankan untuk tidak mengonsumsinya secara berlebihan. Pasalnya selain menyehatkan kandungan asam sitrat dari jeruk nipis juga bisa membahayakan tubuh. Selain itu konsumsi jeruk nipis secara berlebihan bisa memicu naiknya tekanan darah dan berpengaruh terhadap kesehatan jantung serta pembuluh darah.

Ada beberapa kondisi seseorang yang tidak disarankan mengonsumsi jeruk nipis apalagi secara berlebihan, diantaranya yang memiliki penyakit gerd, gigi berlubang dan gangguan penyerapan zat besi.

Video Terkait