Penelitian: Orang yang Makan Buah 2 Porsi per Hari Punya Risiko Lebih Rendah Terkena Diabetes

Ilustrasi buah-buahan (Pixabay)

Penulis: Rashif Usman, Editor: Tatang Adhiwidharta - Selasa, 25 Januari 2022 | 20:20 WIB

Sariagri - Sebuah penelitan terbaru mendukung rekomendasi makan dua porsi buah sehari untuk manfaat kesehatan. Penelitian tersebut bahkan mengungkapkan bahwa konsumsi buah 2 porsi per hari mampu menurunkan risiko terkena diabetes.

Mengutip dari WebMD, sebuah penelitian berbasis populasi di Australia menemukan bahwa orang dewasa yang makan dua porsi buah sehari memiliki peluang 36 persen lebih rendah terkena diabetes dalam 5 tahun dibandingkan dengan mereka yang makan kurang dari setengah porsi buah sehari.

Studi tersebut dilakukan oleh peneliti Nicola P. Bondonno, PhD, dan rekan, yang selanjutnya dipublikasikan secara online di Journal of Clinical Endocrinology & Metabolism.

Penelitian ini juga menunjukkan bahwa asupan buah yang lebih tinggi dikaitkan dengan sensitivitas insulin yang lebih tinggi, sehingga dapat membantu menurunkan gula darah dalam tubuh.

"Ini menunjukkan bahwa orang yang mengonsumsi lebih banyak buah (terutama apel) harus memproduksi lebih sedikit insulin untuk menurunkan kadar glukosa darahnya," kata Bondonno, dari Institute for Nutrition Research di Edith Cowan University di Perth, Australia.

Baca Juga: Penelitian: Orang yang Makan Buah 2 Porsi per Hari Punya Risiko Lebih Rendah Terkena Diabetes
Catat! Ini Buah yang Mampu Turunkan Risiko Pikun saat Tua

"Hal ini penting karena tingginya tingkat insulin yang bersirkulasi (hiperinsulinemia) dapat merusak pembuluh darah yang tidak hanya terkait dengan diabetes, tetapi juga dengan tekanan darah tinggi, obesitas, dan penyakit jantung," sambungnya.

Namun, para peneliti menjelaskan bahwa jus buah tidak dikaitkan dengan gula darah atau kadar insulin yang lebih baik, atau risiko diabetes yang lebih rendah, mungkin karena kandungan gulanya yang relatif tinggi dan lebih sedikit serat yang bermanfaat.

Video Terkait