Manfaat Pohon Bidara, Tanaman Pengusir Setan yang Bisa Sembuhkan Banyak Penyakit

ilustrasi daun bidara arab. (Istimewa)

Editor: Tanti Malasari - Selasa, 25 Januari 2022 | 20:00 WIB

Sariagri - Pohon bidara merupakan pohon kecil yang berasal dari Arab. Pohon dengan nama latin Ziziphus Mauritiana ini, selama hidupnya selalu berwarna hijau, dan menjadi penghasil buah yang dikenal dengan nama buah bidara.

Pohon ini juga tumbuh di daerah tropis seperti Asia Barat dan di lembah-lembah yang memiliki ketinggian 500 mdpl. Meski berasal dari daerah gurun pasir yang gersang, namun pohon bidara arab asli bisa ditanam dan tumbuh subur di negara-negara beriklim tropis seperti di Indonesia.

Bagi umat Islam tanaman ini bukan sembarang tanaman. Tanaman ini juga disebut sebagai tanaman penghuni surga. Bahkan namanya tercantum dalam Kitab Suci Al-Quran di beberapa surat, salah satunya yang ada di surat Al-Waqi’ah :

"Dan golongan kanan, alangkah bahagianya golongan kanan itu (27). Berada di antara pohon bidara yang tak berduri (28),dan pohon pisang yang bersusun-susun (buahnya) (29)," (Q.S Al-Waqi’ah: 27-29).
Ada beberapa jenis bidara yang banyak dikenal masyarakat diantaranya adalah Bidara Upas, Bidara Laut, Bidara Cina, Putsa/Apel India dan Bidara Arab/Sidr.

Ciri-ciri pohon bidara Arab asli

1. Memiliki akar tunggang, yang berasal dari biji yang kemudian berkecambah sehingga tumbuh dan menjadi pohon yang utuh.
2. Terdapat banyak duri di bagian batangnya, yang berfungsi sebagai perlindungan diri dan adaptasi terhadap lingkungan.
3. Buah yang dihasilkan berbentuk bulan dengan diameter 2 cm, seperti kelereng.
4. Bijinya memiliki kulit luar seperti cangkang yang sangat keras.
5. Memiliki bentuk tulang daun yang unik tidak beraturan dan tepi daun yang tidak rata sebab seperti bergerigi.

Manfaat pohon bidara

Tanaman yang punya nama lain Chinese apple, Indian plum, atau jujube ini sudah lama digunakan sebagai obat herbal. Hampir semua bagian Pohon ini termasuk daunnya bisa dijadikan sebagai obat. Ia mengandung senyawa alami seperti polifenol, siklopeptida alkaloid, saponin dammarane, vitamin, mineral, asam amino, serta asam lemak tak jenuh ganda.

Selain itu, daun ini juga mengandung senyawa yang bersifat antimikroba, anti-inflamasi, hipoglikemik, antioksidan, serta memiliki efek imunomodulator. Semua kandungan tersebut memberi manfaat bagi kesehatan tubuh, diantaranya adalah :

1. Menurunkan gula darah

Daun bidara dipercaya bisa menurunkan dan menstabilkan kadar gula dalam darah. Hal itu tentu sangat bermanfaat karena bisa menjadi obat yang baik untuk para penderita diabetes.

2. Menurunkan kolesterol

Selain itu, daun dari pohon ini bisa menurunkan kadar kolesterol, sehingga bisa mencegah berbagai penyakit seperti darah tinggi dan jantung.

3. Mengobati wasir

Wasir atau ambeien adalah penyakit yang sangat menggangu. Meminum rebusan daun bidara atau menumbuk halus lalu mengoleskan daun ini secara langsung pada bagian yang sakit, dipercaya bisa mengurangi rasa sakit dan nyeri.

4. Menyembuhkan luka

Daun bidara mengandung zat anti-inflamasi dan antibakteri yang dapat membantu mempercepat proses penyembuhan luka dan regenerasi kulit. Haluskan daun hingga berbentuk pasta lalu oleskan pada bagian yang terluka.

5. Menjaga daya tahan tubuh

Kandungan sapinin, flavonoid, dan polisakarida diyakini dapat yakni senyawa yang membantu menjaga daya tahan tubuh dan menangani stres oksidatif.

Namun selain untuk kesehatan, daun dari pohon ini juga bisa digunakan untuk menangkal gangguan sihir/jin dalam prosesi rukyah dan keperluan lain.

Baca Juga: Manfaat Pohon Bidara, Tanaman Pengusir Setan yang Bisa Sembuhkan Banyak Penyakit
Bunga Anggrek, Tanaman Cantik yang Punya Makna Penting di Kehidupan

Cara dan manfaat menanam pohon bidara

Ada tips penting yang perlu diperhatikan ketika menanam bidara, yaitu pastikan posisi akar menghadap ke bawah. Dan benamkan akar ke dalam media semai hingga 2-3 cm. Lalu sirami dengan air. Setelah itu tunggu hingga seminggu, benih akan tumbuh dan mengeluarkan tunas daun muda. Kamu bisa melakukan cara ini sebanyak yang diinginkan.

Menanam pohon bidara di depan rumah memiliki beberapa manfaat, diantaranya pekarangan rumah akan terasa sejuk dan asri serta kamu dapat dengan mudah menggunakan daunnya untuk dijadikan pengobatan.