Mengenal Pisang Kepok, Buah Tropis Asli Filipina yang Bernilai Komersil

Ilustrasi pisang kepok (Wikimedia Commons)

Editor: Tanti Malasari - Rabu, 26 Januari 2022 | 19:00 WIB

Sariagri - Pisang kepok adalah salah satu jenis buah pisang yang mudah ditemui. Awal mulanya pisang ini berasal dari Filipina. Biasanya, orang sana menyebutnya dengan Saba, Sab-a, atau Cardaba.

Rasanya yang manis dan teksturnya yang lembut sangat disukai masyarakat Indonesia. Selain dimakan langsung, pisang ini juga bisa dijadikan berbagai macam camilan, seperti pisang rebus, kolak pisang, pisang goreng, dan keripik pisang.
Kandungan pisang ini sangat bergizi dan disinyalir sangat baik bagi penderita asam lambung.

Menurut penelitian yang diterbitkan di World journal of gastroenterology, serat pada pisang bisa menunjukkan penurunan jumlah asam lambung dan perut mulas pada pasien NERD (Non-Erosive Reflux Disease).

Spesifikasi Pisang Kepok

Pisang ini memiliki bentuk persegi dan sedikit gepeng. Buahnya sendiri berukuran kecil, dengan panjang 10- 12 cm dan beratnya 80-120 gram. Kulit buahnya sangat tebal dengan warna kuning kehijauan dan kadang bernoda cokelat.

Di Indonesia, pisang ini memiliki dua jenis yang cukup terkenal, yaitu pisang kepok kuning dan pisang kepok putih. Keduanya memiliki perbedaan pada rasa dan warna pada daging buah. Rasa kepok kuning lebih manis, sedangkan yang kepok putih lebih asam.

Sementara untuk daging kepok kuning berwarna kekuningan, sedangkan kepok putih cenderung lebih pucat. Rasa kepok kuning lebih manis, sedangkan yang kepok putih lebih asam.

Kandungan dan Manfaat Pisang Kepok

Pisang ini kaya akan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh, diantaranya adalah karbohidrat kompleks, protein, serat, magnesium, kalium, zat besi, vitamin A, vitamin C, vitamin B6, zinc, folat, fosfor, serta beragam antioksidan. Semua kandungan tersebut sangat berpengaruh dan memberi banyak manfaat untuk kesehatan, seperti :

1. Melancarkan saluran pencernaan
2. Menjaga kesehatan jantung
3. Mengontrol gula darah
4. Menangkal efek radikal bebas
5. Meredakan morning sickness pada ibu hamil
6. Mencegah anemia
7. Menurunkan berat badan
8. Mencegah sembelit
9. Menguatkan tulang
10. Membantu Mengatasi maag

Olahan Pisang Kepok

Bukan hanya bergizi, pisang ini juga bisa diolah menjadi beberapa camilan sehat mengenyangkan, diantaranya adalah :

1. Pisang Caramel

Kupas kulit pisang lalu goreng sebentar. Lalu larutkan gula merah dan gula pasir dengan tambahan sedikit air. Celupkan pisang lalu aduk sampai dengan rata ke seluruh pisang, setelah itu angkat pisang dan siap untuk disajikan.

2. Bolu Pisang Kukus

Olahan kedua adalah bolu pisang kukus. Camilan ini sangat sederhana dan disukai masyarakat terutama anak-anak. Caranya mudah, kupas kulit pisang terlebih dahulu, lalu kukus dan haluskan. Kemudian campur bahan lain seperti tepung, telur dan gula lalu kukus sampai matang.

3. Pisang Goreng Keju

Camilan selanjutnya dengan bahan pisang ini adalah pisang goreng keju. Kupas kulit pisang lalu potong serong dan goreng sampai rata. Lalu iriskan dan beri parutan keju ataupun bisa menggunakan toping lain.

Baca Juga: Mengenal Pisang Kepok, Buah Tropis Asli Filipina yang Bernilai Komersil
Pisang Cavendish, Buah Tropis Asal Indonesia yang Sering Disangka Impor

4. Nugget Pisang

Camilan ini sempat viral pada masanya. Olahan ini sangat lezat dan menggugah seler karena tampilannya menarik, apalagi jika ditambahkan berbagai macam toping. seperti keju, susu kental manis sampai dengan meses berbagai varian.

Harga Pisang Kepok

Pisang ini memiliki nilai komersial yang tinggi sebagai pisang olahan. Alasannya karena pisang ini dapat diolah menjadi berbagai aneka makanan sehingga banyak orang yang ingin membelinya. Sebagian besar orang banyak yang menjualnya per tandan ataupun per sisir. Harganya cukup terjangkau mulai dari Rp 20 ribu sampai Rp 30 ribu.

Video Terkait