Catat, Ini Penyebab Dibalik Daun Calathea Berubah Warna Jadi Coklat dan Kuning

Tanaman calathea berubah warna jadi kuning dan coklat (Balconygardenweb)

Penulis: Rashif Usman, Editor: Tatang Adhiwidharta - Kamis, 27 Januari 2022 | 16:40 WIB

Sariagri - Memiliki daun yang beragam bentuk dan warna, tanaman calathea menjadi salah satu jenis tanaman hias yang digemari banyak orang.

Namun, tetap saja untuk menjaga kondisi daun tanaman tetap cantik diperlukan perawatan agar daunnya tetap berkilau. Salah satu permasalahan yang sering terjadi adalah daun calathea yang berubah warna menjadi coklat dan kuning.

Ini penyebab dibalik daun calathea berubah warna jadi cokelat dan kuning:

1. Kondisi Kelembaban Kurang

Penyebab pertama di balik daun calathea berubah warna menjadi coklat dan kuning adalah kurangnya kelembaban. Calathea termasuk tanaman yang menyukai kelembaban, dikutip dari balconygardenweb.

Jika tidak menerima kelembaban yang cukup, tanaman ini akan mengembangkan bintik-bintik coklat atau mengubah daun menjadi coklat dan kuning. Keriting daun calathea juga merupakan salah satu gejalanya.

Untuk mengatasi permasalahan ini, kamu bisa menempatkan pelembap udara di dekat tanaman untuk menjaga kelembaban udara. Selain itu, tempatkan Calathea di tempat seperti dapur atau kamar mandi karena tidak terlalu kering.

2. Paparan Sinar Matahari yang Salah

Untuk pertumbuhan terbaik, calathea membutuhkan sinar matahari yang terang tetapi tidak langsung. Hal pertama yang mungkin perlu kamu periksa adalah apakah tanaman menerima jumlah pencahayaan yang salah.

Untuk solusinya, simpan tanaman di lokasi yang mendapat banyak cahaya tidak langsung sepanjang hari. Namun, tanaman tidak akan masalah ketika menerima 2-3 jam paparan langsung sinar matahari ringan.

3. Kualitas Air

Selain kebutuhan penyiraman, kualitas air juga dapat menyebabkan daun calathea berubah warna menjadi coklat dan kuning. Di lingkungan asli mereka di hutan hujan Asia Tenggara dan Amerika Selatan, tanaman ini tumbuh dengan baik di air hujan tanpa mineral keras, garam, klorin, dan fluorida.

Untuk permasalahan ini, kamu bisa menggunakan air hujan, sumur dan aliran air supaya Calathea bisa tumbuh subur dan sehat. Sebagai alternatif, biarkan air selama semalaman agar garam dan fluorida mengendap.

4. Pemupukan Berlebihan

Memberi pupuk tanaman lebih dari yang dibutuhkan dapat membuat tepi daunnya menjadi kuning dan coklat. Jika terlalu sering memupuknya, maka tanaman bisa cepat mati.

Oleh karenanya, gunakan pupuk seimbang, diencerkan hingga seperempat kekuatannya, sekali dalam 3-4 minggu selama masa pertumbuhan.

Baca Juga: Catat, Ini Penyebab Dibalik Daun Calathea Berubah Warna Jadi Coklat dan Kuning
Jangan Salah, Begini 4 Cara Terbaik Membersihkan Daun Tanaman Hias

5. Cuaca Dingin

Calatheas sebagai tanaman tropis tidak menyukai cuaca dingin. Meletakkan pada suhu yang lebih rendah akan membuat daunnya berwarna kuning atau coklat sekaligus membuatnya kurang tumbuh dengan baik.

6. Hama

Hama juga dapat menyebabkan daun menguning, karena dapat merusak tanaman dengan menyedot nutrisi. Untuk mengatasinya, kamu bisa memotongnya daun yang terkena serangan untuk menghentikan penyebaran ke seluruh tanaman.

Video Terkait