Simak! Begini Langkah Tepat Menanam Tomat di Pot, Tak Perlu Lahan Luas

Ilustrasi tomat (Pexels)

Penulis: Rashif Usman, Editor: Tatang Adhiwidharta - Kamis, 27 Januari 2022 | 22:30 WIB

Sariagri - Tomat memang sudah dikenal sebagai buah yang mengandung rendah kalori, lemak, serta kaya akan vitamin dan mineral. Di Indonesia sendiri, tomat banyak digunakan sebagai bahan olahan masakan.

Mengonsumsi tomat bisa menghambat pertumbuhan sel kanker, menurunkan dan mengontrol tekanan darah, mencegah penuaan dini pada kulit hingga menjaga kesehatan jantung. Nah, Sobat Agri ada yang tertarik untuk menanam tomat di rumah? yuk simak ulasan berikut ini.

Begini langkah tepat menanam tomat di pot, dikutip dari berbagai sumber.

Persiapan alat

Sebelum mulai menanam tomat, pertama kamu harus menyiapkan peralatan.Selanjutnya bikin media tanam dari campuran tanah, arang sekam dan juga pupuk kompos dengan perbandingan 2:1:1. Siapkan media tanam, beberapa hari sebelum menanam tomat.

Kemudian kamu juga perlu menyiapkan biji tomat. Kamu bisa membeli biji tomat ataupun mengambilnya dari buah tomat yang kamu miliki. Pastikan kamu memilih biji unggulan.

Semai biji tomat

Semai biji tomat di media semai yang terbuat dari campuran tanah dan kompos. Kemudian letakkan di tempat yang tidak terkena sinar matahari maupun air hujan secara langsung. Jangan lupa jaga kesuburan media semai dengan menambahkan pupuk kompos.

Pindahkan ke media tanam

Setelah berkecambah, pindahkan bibit tomat yang mulai berkecambah. Kamu bisa gunakan pot atau polybag sebagai wadah media tanam. Jika bibit sudah berkecambah kamu bisa memindahkan ke media tanam.

Baca Juga: Simak! Begini Langkah Tepat Menanam Tomat di Pot, Tak Perlu Lahan Luas
Cocok untuk Pemula, Ini 5 Tanaman Sayuran yang Mudah Dirawat

Jaga kesuburan tanaman

Jika sudah dipindahkan ke dalam media tanam, kamu bisa melakukan perawatan. Agar tanaman tumbuh dengan baik, letakan tanaman tomat di tempat yang terkena sinar matahari langsung, berikan pupuk kompos dan jangan lupa lakukan penyiraman secara rutin.

Panen tomat

Tanaman tomat akan menghasilkan buah dan siap dipanen setelah 60-100 hari masa tanam. Sebelum dipanen, pastikan kondisi fisik tomat dengan ciri warna kekuningan dan batang yang mengering.

Video Terkait