Catat! Begini Cara Mudah untuk Budidaya Delima Merah dari Biji

Buah delima komoditas andalan Afghanistan. (Pixabay)

Penulis: Rashif Usman, Editor: Tatang Adhiwidharta - Jumat, 28 Januari 2022 | 13:50 WIB

Sariagri - Buah delima merupakan buah yang memiliki ragam nutrisi, seperti vitamin C, vitamin B6, vitamin E, iron, kalsium dan magnesium. Berbagai kandungan ini tentu saja menyehatkan tubuh.

Buah delima bisa kamu jadikan opsi pilihan jika kamu ingin memulai budidaya buah. Nah, Sobat Agri ingin tahu bagaimana cara menanamnya? yuk simal ulasan berikut ini.

1. Persiapan Biji

Langkah awal yang perlu dlakukan adalah mengambil beberapa biji buah delima dari buahnya. Kemudian cuci bersih dengan air dingin setelah itu keringkan dengan tisu.

Usai membersihkan biji, kamu bisa mengeringkan biji dengan menjemurnya sebelum penanaman.

2. Penanaman Biji

Kamu perlu melakukan penggemburan tanah dan mencampurnya dengan pupuk kandang untuk menanam biji delima. Hal ini bertujuan untuk menyuburkan tanah dan membantu mempercepat pertumbuhan tanaman.

Tanam biji delima ke dalam media tanam. Biji ditanam sekitar 0,5 cm dari permukaan tanah. Lalu timbun dengan tipis tanah campuran sebelumnya.

3. Simpan di Tempat yang Terkena Sinar Matahari

Simpan pot untuk menanam biji di tempat yang terkena sinar matahari atau di jendela yang hangat. Sebelumnya, penting untuk memastikan bahwa tanahnya lembap agar biji delima dapat tumbuh dengan maksimal.

Baca Juga: Catat! Begini Cara Mudah untuk Budidaya Delima Merah dari Biji
Rahasia Tanam Delima di Iklim Tropis, Ini Tantangan dan Penanganannya

4. Pindahkan ke Pot yang Lebih Besar

Jika biji delima sudah mulai tumbuh daun atau tunas, kamu perlu memindahkan ke pot yang lebih besar atau ke lahan tanah. Penting untuk memastikan bahwa tanaman delima mendapatkan sinar matahari yang cukup dan terjaga kelembapan tanah dengan disiram secara rutin.

5. Tunggu hingga Berbuah

Setelah melakukan penanaman hingga perawatan kamu bisa menunggu sampai tanaman delima berbuah. Biasanya tanaman delima akan berbuah untuk pertama kalinya saat berumur 3-5 tahun.

Video Terkait