6 Manfaat Delima bagi Kesehatan, No 4 Bikin Takjub

Manfaat Buah Delima Untuk Kulit (Unsplash)

Penulis: Triana, Editor: Dera - Sabtu, 29 Januari 2022 | 19:10 WIB

Sariagri - Memiliki nama ilmiah punica granatum, buah delima memiliki segudang manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh. Manfaat delima bisa kamu dapatkan dengan berbagai macam cara, seperti dalam bentuk sari buah, olahan sirup, atau bisa juga memakan langsung bijinya.

Pasalnya, buah delima kaya akan kandungan nutrisi dan gizi yang cukup tinggi, jadi sangatlah baik jika kamu konsumsi setiap harinya. Di Indonesia sendiri, buah ini cukup mudah ditemukan di beberapa supermarket atau swalayan.

Berikut ini beberapa manfaat delima untuk kesehatan yang harus kamu tahu

Menurunkan Tekanan Darah

Buah delima menghasilkan asam punisat untuk tubuh. Asam punisat adalah salah satu komponen dalam buah delima yang akan membantu mengurangi kadar kolesterol dan trigliserida, serta menurunkan tekanan darah.

Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Sistem kekebalan (imunitas) tubuh akan lebih terjaga jika kamu rutin konsumsi buah delima dalam sehari-hari. Hal itu karena buah delima kaya akan senyawa anti-inflamasi dan vitamin C yang bermanfaat dalam meningkatkan sistem imun tubuh dari risiko infeksi virus dan bakteri.

Bagi penderita gangguan sistem imunitas tubuh seperti rheumatoid arthritis dan osteoarthritis, buah delima sangat dianjurkan untuk dikonsumsi.

Mengurangi Kolesterol Jahat

Menurut penelitian yang dilakukan oleh American Journal of Clinical Nutrition, buah delima yang kaya antioksidan ini bisa mencegah oksidasi LDL atau kolesterol jahat dalam tubuh.

Bahkan, disebutkan kandungan antioksidan dalam buah delima jumlahnya tiga kali lebih banyak daripada wine, teh hijau, dan orange juice. Beberapa penelitian lain menemukan fakta bahwa buah-buahan dan sayuran yang kaya antioksidan dapat mengurangi kadar kolesterol.

Akan tetapi, beberapa penelitian yang mengkaji manfaat buah delima dalam menurunkan kolesterol masih belum menunjukkan data yang konsisten, sehingga masih diperlukan penelitian lebih lanjut.

Menurunkan Risiko Sakit Jantung dan Stroke

Konsumsi buah delima bisa dengan banyak cara, salah satunya dengan mengolah buah ini menjadi minuman jus. Rutin konsumsi buah ini membuat aliran darah di dalam tubuh lancar, sehingga menurunkan risiko terkena serangan jantung dan stroke.

Selain itu, komponen antioksidan dalam buah ini dipercaya membantu menurunkan kolesterol jahat, sehingga arteri tetap bersih dari gumpalan apa pun.

Melancarkan Sistem Pencernaan

Kamu sering mengalami masalah pada sistem pencernaan? Jika iya, coba atasi dengan minum jus buah delima secara rutin. Jus buah delima akan melancarkan pencernaan dan mengurangi peradangan di usus. Buah ini juga baik dikonsumsi bagi penderita penyakit Crohn, kolitis ulseratif, dan penyakit radang usus lainnya.

Menurunkan Risiko Alzheimer

Manfaat delima dipercaya mampu menurunkan risiko penyakit alzheimer pada seseorang. Fakta itu ditemukan dalam sebuah riset kesehatan dari Vanderbilt University Medical Center.

Baca Juga: 6 Manfaat Delima bagi Kesehatan, No 4 Bikin Takjub
Catat! Begini Cara Mudah untuk Budidaya Delima Merah dari Biji

Dari hasil riset, ditemukan fakta bahwa orang yang meminum jus delima 3 kali atau lebih dalam seminggu, dapat menurunkan risiko Alzheimer hingga 76% dibandingkan yang tidak minum.

Selain yang sudah disebutkan tadi, khasiat delima untuk kesehatan dapat mencegah gangguan perut, penyakit kanker, rematik, kurang darah dan diabetes.

Video Terkait