Cara Mudah Menghilangkan Aroma Bawang Putih pada Mulut

Ilustrasi bawang putih. (Pixabay)

Penulis: Triana, Editor: Dera - Sabtu, 29 Januari 2022 | 13:00 WIB

Sariagri - Bawang putih memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh, namun aromanya yang menyengat dapat menimbulkan bau mulut dan juga bau badan yang kurang sedap.

Kandungan senyawa sulfur yang terdapat di bawang putih biasanya tertinggal di dalam mulut. Bawang jenis ini juga meningkatkan pertumbuhan mikroba di dalam mulut, yang dapat menimbulkan bau mulut.

Hal itu dikarenakan senyawa sulfur masuk ke dalam paru-paru melalui udara yang dihirup dan berimbas juga kepada bau badan. Pasalnya, sulfur bisa keluar lewat pori-pori kulit. Sehingga, tubuh pun ikut mengeluarkan aroma tak sedap.

Biasanya kebanyakan orang menghilangkan bau mulut dengan menyikat giginya atau berkumur menggunakan mouthwash. Namun, cara seperti itu tidaklah cukup efektif, kamu dapat menggunakan beberapa bahan yang bisa kamu konsumsi untuk menghilangkan bau badan.

Konsumsilah makanan yang mengandung polifenol, senyawa ini bisa mempercepat proses penguapan sulfu. Maka cobalah mengonsumsi teh hijau atau peppermint.

Baca Juga: Cara Mudah Menghilangkan Aroma Bawang Putih pada Mulut
Gak Pakai Ribet! Begini Cara Menanam Bawang Putih di Rumah

Selain itu, kamu juga bisa minum segelas susu. Kandungan lemak dalam susu bisa menetralkan aroma bawang putih. Efektivitasnya sama dengan memakan daun peterseli, kapulaga, adas hingga cengkeh. Sementara untuk buah, kamu bisa mengonsumsi lemon. Sifat antibakteri di dalamnya mampu membunuh bakteri di dalam mulut.

Tapi, jika kamu tidak punya bahan-bahan tadi, kamu bisa mengunyah permen karet tanpa gula. Selama mengunyah, aroma bawang akan tertahan atau setelah menggosok gigi, pastikan menyeka bagian lidah dan membersihkan sela-sela gigi dengan dental floss.

Video Terkait