Gak Kalah dari Jahe dan Kunyit, Ini Kehebatan Temulawak bagi Tubuh

Ilustrasi Temulawak (Foter)

Penulis: Triana, Editor: Dera - Kamis, 3 Februari 2022 | 20:10 WIB

Sariagri - Meskipun termasuk dalam kategori jenis jamu, temulawak memang tidak sepopuler jahe atau kunyit. Sebab tanaman ini jarang digunakan sebagai bumbu masakan sebagaimana rempah lainnya. 

Selama ini, temulawak hanya dikenal sebagai jamu yang berkhasiat untuk meningkatkan nafsu makan anak. Padahal tanaman dengan nama latin curcuma zanthorrhiza ini punya banyak manfaat kesehatan.

Berikut sederet manfaat temulawak untuk kesehatan.

Menambah Nafsu Makan

khasiatnya yang dapat meningkatkan nafsu makan mungkin sudah banyak diketahui, tak heran jika tanaman ini menjadi bahan suplemen penambah nafsu makan anak.

Padahal, jauh sebelum maraknya suplemen khusus untuk anak tersebut, orang-orang terdahulu sudah membuatnya menjadi jamu penambah nafsu makan. Kamu bisa menghaluskan temulawak dengan cara ditumbuk atau diparut. Setelah itu tinggal diperas untuk diambil bagian sari-sarinya.

Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Seperti yang diketahui, virus corona rentan terhadap orang-orang dengan daya tahan tubuh rendah. Oleh karena itulah, konsumsi temulawak secara rutin bisa menjadi satu langkah pencegahan yang bisa kalian lakukan.

Selain itu, tanaman ini juga membantu proses pembuangan racun di dalam tubuh. Secara tidak langsung, hal ini akan membuat kalian jadi lebih jarang sakit.

Mencegah Infeksi Bakteri dan Virus

Ada satu lagi manfaatnya yang berkaitan dengan mencegah penularan virus corona. Temulawak ternyata juga mempunyai sifat antivirus dan antibakteri. Hal ini dikarenakan kandungan-kandungan dalam temulawak, seperti vitamin c, vitamin e, dan vitamin B16. Selain vitamin-vitamin tersebut, dalam temulawak juga terdapat kandungan potasium dan zat besi.

Mencegah Kanker

Selain antibakteri dan antivirus, ternyata temulawak juga mempunyai sifat antikanker. Hal ini karena dalam temulawak terkandung antioksidan yang cukup tinggi. Seperti yang kita tahu, zat antioksidan inilah yang berfungsi menangkal radikal bebas yang bisa memicu kanker.

Jenis kanker yang diyakini bisa diobati dengan mengonsumsi temulawak, diantaranya kanker prostat, kanker usus, kanker payudara, dan lain sebagainya.

Meskipun, diyakini bisa menjadi obat, khasiat anti-kanker pada temulawak dipercaya akan lebih maksimal jika digunakan sebagai usaha pencegahan, dengan meminum ramuan atau jamu temulawak secara rutin.

Mengatasi Perut Kembung

Meski tidak menimbulkan rasa nyeri atau rasa sakit, perut kembung tetap bisa menjadi masalah. Sebab, perut kembung pasti bisa membuat kalian merasa tidak nyaman. Perut kembung bisa disebabkan oleh berbagai macam hal, mulai dari kekenyangan hingga masuk angin.

Namun, jangan khawatir, sebab ternyata perut kembung bisa diobati dengan mengonsumsi temulawak. Khasiatnya bisa meredakan kembung sudah terbukti sejak lama.

Untuk mengobati perut kembung dengan temulawak, kalian bisa meminum air rebusannya, atau dengan menghaluskannya lalu diperas untuk diambil sarinya.

Baca Juga: Gak Kalah dari Jahe dan Kunyit, Ini Kehebatan Temulawak bagi Tubuh
Kisah Nyata Penderita Kanker yang Selamat dari Maut dengan Konsumsi Curcumin

Memperlancar Saluran Pencernaan

Ternyata tidak hanya perut kembung saja, temulawak juga ampuh mengobati berbagai masalah pencernaan, seperti diare dan sembelit. Hal ini karena, temulawak diyakini bisa merangsang aktivitas kantung empedu dalam menghasilkan cairan empedu.

Sama seperti untuk mengatasi perut kembung, untuk mengatasi diare atau sembelit kalian bisa merebus temulawak, atau mengambil sari-sarinya.

Video Terkait