Konsumsi Belimbing, Bisa Turunkan Berat Badan Hingga Kontrol Gula Darah

Buah Belimbing (Foto: Pixabay)

Penulis: Triana, Editor: Dera - Jumat, 4 Februari 2022 | 18:55 WIB

Sariagri - Buah belimbing atau Averrhoa carambola ini tak hanya memiliki rasa yang menyegarkan, tapi juga sudah dimanfaatkan sejak dulu sebagai bahan pengobatan.

Buah berwarna kuning ini juga mengandung serat, vitamin C, protein dan rendah kalori yang sangat baik bagi kesehatan. Penasaran apa saja manfaat belimbing bagi tubuh? yuk simak ulasannya. 

Menurunkan Berat Badan

Belimbing sangat cocok untuk kamu yang sedang ingin menurunkan berat badan. Hal ini karena buah tersebut memiliki sedikit kadar kalori dan serat yang tinggi.

Meredakan Maag

Kandungan yang terdapat pada buah ini dapat mengatasi gangguan pada lambung, seperti sakit maag. Kandungan flavonoid, terpenoid, dan mucilage didalamnya dapat membantu memperkuat lapisan dalam lambung dan usus.

Baca Juga: Konsumsi Belimbing, Bisa Turunkan Berat Badan Hingga Kontrol Gula Darah
Buah Belimbing Miliki Manfaat yang Melimpah, tapi Penderita Gangguan Penyakit Ini Wajib Menghindari

Mengendalikan Kadar Gula Darah

Kadar gula darah di dalam tubuh juga dapat dikendalikan jika kamu mengonsumsinya secara rutin. Ini karena kandungan serat tidak larut yang dapat menghambat penyerapan glukosa.

Mengurangi Risiko Penyakit Kardiovaskular

Konsumsi belimbing dengan porsi yang cukup, menurut penelitian bisa menurunkan risiko terjangkit penyakit kardiovaskular dan stroke. Hal ini karena terdapat kandungan B9 (asam folat) yang dapat menurunkan kadar homosistein.