Komoditas Ekspor Baru, Biji Kelor Kering Terbang ke Negeri Sakura

Biji kelor kering asal Balikpapan.(Barantan)

Editor: Arif Sodhiq - Jumat, 4 Februari 2022 | 17:25 WIB

Sariagri - Hampir semua bagian dari tanaman kelor (Moringa oleifera) bisa dimanfaatkan untuk berbagai kebutuhan mulai bunga, daun hingga bijinya. Namun, siapa sangka biji kelor kering merupakan salah satu komoditas ekspor Indonesia. 

Pejabat Karantina Pertanian Kelas I Balikpapan, Lucky Chandra, baru-baru ini melakukan rangkaian tindak karantina terhadap produk biji kelor kering. Sebanyak 10 kilogram biji kelor kering diperiksa pihak karantina sebelum diberangkatkan ke negeri Sakura, Jepang.

Nilai ekspor biji kelor kering asal Balikpapan, Kalimantan Timur itu rupanya bisa terbilang lumayan yaitu sebesar Rp1.250.000 untuk 10 kilogram biji kering.

Lucky mengungkapkan bahwa ekspor ini perdana dilakukan di tahun 2022, di mana sebelumnya tahun lalu ekspor biji kelor kering juga sempat dilakukan sebanyak satu kali.

“Ekspor biji kelor kering ini merupakan yang pertama di tahun 2022. Tahun lalu juga ada ekspor biji kelor sebanyak satu kali dengan tujuan yang sama, yakni Jepang," ujarnya seperti dikutip dari Badan Karantina Pertanian (Barantan), Jumat (4/2/2022).

Lucky menambahkan sedikit demi sedikit untuk melakukan ekspor komoditas tersebut. Dia berharap, biji kelor kering dapat menjadi komoditas unggulan ekspor dari sana.

"Ekspor tidak harus langsung besar, kontainer. Namun kami berharap ke depannya biji kelor kering dapat konsisten ekspor hingga menjadi salah satu komoditas unggulan ekspor asal Kalimantan Timur,” pungkasnya.

Baca Juga: Komoditas Ekspor Baru, Biji Kelor Kering Terbang ke Negeri Sakura
Baru Tahu, Ternyata Pangeran Charles Berbicara dengan Tanaman

Untuk diketahui, biji kelor mengandung berbagai macam nutrisi seperti vitamin A, vitamin C, vitamin B, magnesium, kalsium, protein, flavonoid, lemak, dan serat. Kandungan zat flavonoid dan vitamin C berguna sebagai antioksidan yang diperlukan tubuh untuk membantu meningkatkan sistem imun.

Di negara tujuan Biji kelor seringkali dikonsumsi sebagai obat herbal yang dipercaya dapat menurunkan gula darah dan kolestrol, memperbaiki kualitas tidur, hingga menjaga kesehatan kulit.

Video terbaru:

Video Terkait