Fakta Menarik Tentang Rebung dan Segudang Manfaatnya

Ilustrasi rebung (Foto: Kementerian Pertanian)

Editor: Reza P - Sabtu, 5 Februari 2022 | 17:45 WIB

Sariagri - Kalian pasti familiar banget dengan sayuran rebung. Rebung atau dikenal dengan nama latin dendrocalamus asper merupakan tanaman yang terdapat pada bagian tunas bambu muda. 

Rebung memiliki ciri khas pada bau dan rasanya yang membuat sayuran ini berbeda dengan sayuran lainnya. Sebelumnya, sayuran rebung menjadi salah satu santapan utama pada masa kejayaan Dinasti Ming sekitar tahun (1368-1644) karena dianggap memiliki nutrisi yang cukup tinggi.

Di Indonesia rebung sering dijadikan berbagai macam makanan, seperti lumpia isi rebung makanan khas yang ada di kota Semarang, sayur rebung yang diberi santan, tumis rebung dan lain sebagainya. 

Tunas bambu muda ini memiliki banyak kandungan yang terdapat didalamnya seperti vitamin A, vitamin C, protein, kalium,  karbohidrat, fitosterol, fitonutrien, fosfor, lemak, gula, sodium, zat besi, dan kadar air.

Tidak diragukan lagi, rebung memiliki banyak kandungan tandanya sayuran ini juga memiliki banyak manfaat. Inilah berbagai manfaat dendrocalamus asper yang dirangkum dari berbagai sumber.

Baca Juga: Fakta Menarik Tentang Rebung dan Segudang Manfaatnya
Ini yang Terjadi Pada Tubuh Jika Rutin Mengkonsumsi Buah Sirsak

1. Menurunkan kolesterol

Rebung dapat menurunkan penumpukan kolesterol yang terjadi akibat banyak mengkonsumsi makanan yang berminyak.

2. Menghindari sembelit

Rebung memiliki banyak serat yang dapat menyerap makanan, tunas bambu muda ini sangat dibutuhkan untuk memperlancar proses pencernaan. Alhasil, makanan ini baik dikonsumsi saat sedang susah buang air besar atau pun sembelit.

3. Menghindari kanker

Fitosterol di dalam rebung dinilai memiliki sifat antikanker. Alhasil, dapat membantu menghindari terjadinya beberapa jenis kanker, seperti kanker lambung, kanker ovarium, kanker payudara, dan lain-lain.

4. Menstabilkan tekanan darah tetap sehat

Tekanan darah yang tinggi dapat diturunkan karena adanya kalium pada sayuran rebung.

Video Terkait