Rambut Uban Bikin Gak Pede? Yuk Cegah dengan Ramuan Alami Ini

Ilustrasi kelapa. (pixabay)

Penulis: Gloria, Editor: Dera - Jumat, 11 Februari 2022 | 17:20 WIB

Sariagri - Umur tidak menjadi patokan kapan rambut beruban akan muncul. Selain karena gen, uban bisa muncul karena pola hidup yang tidak seimbang.

Contohnya adalah seseorang yang berusia 20-an bisa saja memiliki uban di rambutnya. Alasannya cukup sederhana, karena orang tersebut tidak melakukan pola hidup yang benar.

Terlebih ketika seseorang sedang diet tetapi tanpa asupan makan yang benar. Uban muncul ketika tubuh tidak mendapatkan asupan gizi yang seharusnya. Selain karena asupan makanan, stres juga berpengaruh pada kemunculan uban.

Melansir NDTV, berikut ramuan alami yang cocok untuk mencegah timbulnya uban pada rambut:

Bubuk Amla

Panaskan satu cangkir bubuk amla dalam panci sampai berubah menjadi abu. Kemudian tambahkan 500 mililiter minyak kelapa dan didihkan dengan api kecil selama 20 menit. Biarkan dingin dan diamkan selama 24 jam, lalu saring keesokan harinya ke dalam botol kedap udara. Gunakan dua kali seminggu sebagai pijatan minyak rambut.

Daun Kari

Daun kari bisa digunakan sebagai obat herbal untuk rambut beruban. Ambil seikat daun kari dan haluskan dengan dua sendok teh bubuk amla dan dua sendok teh bubuk brahmi. Oleskan sebagai masker pada rambut dan pastika hingga ke akarnya. Biarkan selama satu jam dan bilas dengan sampo herbal ringan.

Baca Juga: Rambut Uban Bikin Gak Pede? Yuk Cegah dengan Ramuan Alami Ini
Kenapa Minyak Kelapa Dianggap Dapat Memperlancar Persalinan Ibu Hamil?

Minyak kelapa

Minyak kelapa dan jus lemon yang dicampur dapat menjadi obat herbal untuk rambut beruban. Kombinasi keduanya menyebabkan reaksi kimia yang menggelapkan rambut secara alami dalam periode tertentu.

Teh hitam

Teh hitam dapat menjadi salah satu obat herbal untuk rambut beruban. Ambilah minuman teh kira-kira 200 ml dan gunakan sebagai kondisioner tanpa bilas pada rambut setelah keramas. Kemudian rendamlah daun teh hitam selama dua jam dengan air hangat dan haluskan. Campurkan dengan beberapa jus lemon dan oleskan sebagai masker rambut selama 40 menit lalu bilas.

Video Terkait