Mengenal Muskmelon, Buah Tanda Kesetiaan Para Samurai Jepang

Ilustrasi melon. (pixabay)

Penulis: Triana, Editor: Tatang Adhiwidharta - Selasa, 1 Maret 2022 | 15:40 WIB

Sariagri - Melon termasuk buah yang selalu dijadikan andalan orang Indonesia saat membuah es buah. Buah dengan cita rasa manis ini memang paling pas jika dinikmati dalam suhu dingin. Harganya yang terjangkau dan banyak dijual pedagang buah pinggir jalan.

Namun kamu akan terkejut jika mengetahui fakta tentang buah ini di Jepang. Di Negeri Matahari Terbit ini, buah melon begitu sangat eksklusif. Harganya bisa menyentuh ratusan ribu bahkan ratusan juta rupiah hanya untuk satu buah melon.

Melon termahal di Jepang adalah jenis Muskmelon yang banyak ditanam di Shizuoka. Harga melon yang begitu tinggi di Jepang karena pada zaman Jepang kuno, buah-buahan termasuk melon merupakan hadiah yang kerap diberikan para samurai untuk pemimpin mereka sebagai tanda kesetiaan.

Hingga saat ini, memberikan buah berkualitas dengan harga tinggi pada pimpinan atau orang yang dihormati, jadi budaya yang dipertahankan warga Jepang.

Tak hanya itu, melon yang berasal dari Jepang memang bukan sembarang buah. Awal penanaman Muskmelon ini tentu saja dari pemilihan bibit yang sangat berkualitas. Ditanam di greenhouse khusus yang tanah serta suhunya terpantau dengan baik.

Setelah agak besar, melon ditutup dengan kertas khusus untuk menjaganya dalam bentuk yang sempurna. Bentuk bulat dengan sedikit tangkai akan sangat menentukan harganya.

Baca Juga: Mengenal Muskmelon, Buah Tanda Kesetiaan Para Samurai Jepang
Tips Menanam Melon Krispi dengan Metode Hidroponik

Musk Melon dengan kualitas paling tinggi, biasanya hanya 3 persen. Sisanya akan berada dalam kualitas menengah dan rendah dengan harga yang lebih murah. Beberapa petani bahkan memberi pijatan pada melon yang dipercaya bisa memaksimalkan rasa manisnya.

Saat panen, Muskmelon akan dikemas khusus. Begitu dijual ditaruh dalam wadah yang cantik, diberi kain dan pita yang tentunya bakal menambah nilai jualnya.

Video Terkait