Sudah Dijadikan Obat Sejak 1500 Tahun Lalu, Cengkeh Diyakini Bisa Menangkal Berbagai Penyakit

Ilustrasi - Komoditas cengkeh.(Pixabay)

Editor: Dera - Selasa, 15 Februari 2022 | 14:40 WIB

Sariagri - Cengkeh merupakan satu di antara jenis rempah-rempahan yang terkenal di Indonesia, yang biasa dipakai sebagai penyedap berbagai olahan masakan.

Namun tidak hanya itu saja, cengkeh sudah sejak lama telah digunakan sebagai obat tradisional yang ampuh mengatasi berbagai macam masalah penyakit. Rasanya yang cukup manis dan aroma harum khas ini mengandung nutrisi dan zat kimia baik untuk tubuh.

Adapun kandungan di dalamnya seperti kalori, serat, karbohidrat, mangan, vitamin, kalsium, magnesium, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Sementara kandungan kimia yang terkandung dalam cengkeh yakni eugenol, resin, tanin, flavonoid, fenilpropanoid, glukosida sterol, asetilugenol, cinnamaldehida, asam galat dan oleanolat, rhamnetin, serta lipid.

Manfaat cengkeh sudah dimanfaatkan sejak 1500 tahun yang lalu untuk kesehatan sebagai obat tradisional.

Berikut sederet manfaat cengkeh untuk kesehatan.

Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Eugenol merupakan salah satu senyawa utama di dalam rempah ini. Senyawa ini memberi aroma khas cengkeh dan membantu meningkatkan sistem imun atau kekebalan tubuh. Dengan rutin minum air rebusan cengkeh, segala macam racun dan mikroba yang ada di dalam tubuh akan didorong keluar.

Melawan Pertumbuhan Sel Kanker

Menurut sejumlah penelitian, senyawa kimia bernama eugenol dalam cengkeh dapat membantu melindungi tubuh dari sel kanker. Studi lain menyebutkan bahwa senyawa eugenol secara efektif melawan pertumbuhan sel kanker, terutama jenis kanker serviks.

Selain itu, studi lain menemukan fakta bahwa ekstraknya mampu menghentikan pertumbuhan tumor. Meski begitu, mengonsumsinya secara berlebihan dapat meningkatkan kadar eugenol dalam tubuh dan bisa menyebabkan keracunan.

Meredakan Stres

Kepala terasa berat karena banyak pikiran? Nah, kamu harus hati-hati, sebab kondisi itu bisa menyebabkan stres. Untuk membantu mengatasi stres, kamu bisa menghirup aromanya atau memanfaatkannya sebagai minuman hangat. Dengan cara itu, otot yang tegang akibat stres akan lebih rileks karena ada kandungan eugenol.

Memperlancar Pencernaan

Manfaat yang pertama yaitu membantu menjaga sistem pencernaan dalam tubuh manusia dan memperlancar semua prosesnya. Jenis rempah satu ini akan merangsang sekresi enzim pencernaan, mengatasi iritasi lambung, dispepsia, mual dan muntah, serta mengatasi perut kembung.

Menjaga Kekuatan Tulang

kandungan ekstrak hidrokarbon di dalamya termasuk senyawa fenolik (eugenol, flavon, isoflavon, dan flavonoid) yang berguna menjaga kepadatan mineral pada tulang. Apabila kekuatan tulang terjaga, ini akan mengurangi risiko osteoporosis atau tulang keropos.

Melindungi Fungsi Hati

manfaat lainnya yaitu dapat melindungi organ tubuh dari efek radikal bebas, terutama hati. Manfaat cengkeh itu didapatkan dari kandungan antioksidan dan sifat hepatoprotektif yang ada di dalamnya.

Baca Juga: Sudah Dijadikan Obat Sejak 1500 Tahun Lalu, Cengkeh Diyakini Bisa Menangkal Berbagai Penyakit
Ampuh Hilangkan Bau Amis, Ini Manfaat Cengkeh yang Jarang Diketahui

Membunuh Bakteri

Sifat antibakteri di dalamnya mampu menghentikan berbagai jenis bakteri penyebab infeksi, termasuk bakteri Ecoli. Untuk mendapat khasiat  itu, kamu perlu rutin konsumsi air rebusan rempah ini setiap hari.

Mengendalikan Kadar Gula Darah

Bagi kamu yang cenderung memiliki kadar gula darah tinggi, sebaiknya mulai sekarang rutin konsumsi cengkeh. Kamu dapat mengolahnya sebagai minuman hangat di pagi hari. Senyawa Nigericin di dalamnya akan membantu pengaturan kadar gula darah, terkhusus bagi penderita diabetes.

Video Terkait