Lima Buah Berwarna Merah Ini Punya Segudang Manfaat

Ilustrasi - Apel merah.(Pixnio)

Editor: Arif Sodhiq - Selasa, 15 Februari 2022 | 18:00 WIB

Sariagri -  Buah berwarna merah banyak dijumpai di pasaran. Warna merah itu didapatkan secara alami karena bakal buahnya rendah kalori dan sodium. 

Beberapa buah berwarna merah mampu mengubah karbohidrat, protein, dan lemak menjadi energi yang baik untuk tubuh.

Selain itu, buah yang berwarna merah biasanya mengandung karotenoid berupa likopen yang terbukti melindungi tubuh dari penyakit kanker. Disebutkan dalam National Cancer Institute, 95 persen orang dewasa kurang mengonsumsi buah-buahan berwarna oranye dan merah. 

Berikut buah berwarna merah yang memiliki segudang manfaat seperti dilansir Boldsky:

1. Stroberi

Stroberi adalah buah berwarna merah dengan rasa asam dan manis. Buah ini merupakan salah satu sumber potasium, folat dan  vitamin C yang berguna untuk membangkitkan antioksidan untuk menguatkan sistem imun dan membantu menurunkan kolesterol jahat.

2. Ceri

Ceri memiliki warna merah yang dihasilkan dari kandungan antosianin di dalamnya. Zat antosianin mampu melindungi tubuh dari radikal bebas yang bisa menyebabkan kerusakan pada sel-sel tubuh manusia.

3. Semangka 

Buah semangka banyak disukai karena rasanya yang manis dan mengandung banyak air. Buah ini merupakan sumber likopen yang mampu menurunkan risiko penyakit jantung dan stroke. Tak hanya itu, buah berwarna merah ini mampu mengurangi risiko kanker prostat dan degenerasi makula jika dikonsumsi secara rutin.

Baca Juga: Lima Buah Berwarna Merah Ini Punya Segudang Manfaat
Hasil Panen Apel di Daerah Ini Naik 30 Persen, Cukup untuk Penuhi Kebutuhan Imlek

4. Apel merah

Buah apel memang banyak mengandung nutrisi yang membantu tubuh lebih sehat. Ada fakta unik, manfaat buah apel bisa berbeda tergantung dari warna kulitnya. Apel merah kaya akan antioksidan, flavonoid dan serat. Antioksidan memegang peran penting untuk mengurangi risiko kanker, diabetes hingga penyakit jantung.

5. Delima

Buah merah lainnya adalah delima. Buah ini mengandung sifat anti inflamasi yang membantu mengurangi peradangan serta mencegah stres oksidatif. Delima juga mengandung antioksidan tinggi yang membantu mencegah kanker terutama kanker prostat. 

Video:

Video Terkait