Fakta Menarik Temu Mangga, Miliki Segudang Manfaatnya untuk Kesehatan

Ilustrasi Temu Mangga. (Istimewa)

Editor: Tatang Adhiwidharta - Rabu, 16 Februari 2022 | 19:25 WIB

Sariagri - Temu mangga merupakan tanaman yang berasal dari Indonesia yang tersebar secara luas ke China, Taiwan, Thailand, Malaysia, Pasifik, hingga ke Australia Utara. Tanaman ini memiliki ciri khas umbinya berwarna kuning dan berbintik seperti jahe.

Temu mangga juga memiliki bau khas buah mangga. Tanaman ini biasanya digunakan untuk mengobati berbagai penyakit. Kandungan yang terdapat di dalam temu mangga seperti antiseptik , antioksidan, antiinflamasi, kurkumin, resim, pati, mineral, zat pahit, minyak atsiri, dan juga selulosa.

Tanaman yang mempunyai nama latin curcuma mangga val ini memiliki banyak khasiat dalam mengobati berbagai macam penyakit dan sangat berguna bagi kesehatan tubuh.

Berikut fakta menarik tentang temu mangga untuk kesehatan:

1. Meningkatkan daya tahan tubuh

Temu mangga juga mempunyai kandungan vitamin C yang memiliki peranan penting dalam meningkatkan imun dan daya tahan tubuh. kandungan vitamin C tersebut sangat berguna bagi tubuh agar tidak mudah terserang penyakit.

2. Kaya antioksidan

Tanaman ini memiliki kandungan antioksidan tinggi yang berguna untuk melawan radikal bebas dan mencegah pertumbuhan sel kanker.

3. Mencegah kanker

Tanaman temu mangga mempunyai zat antikanker yang berguna untuk mencegah tumbuhnya sel-sel kanker di dalam tubuh. Tanaman ini juga mengandung protein bernama toksis yang berfungsi menghambat pertumbuhan sel kanker.

Dengan mengonsumsi temu mangga secara rutin, kita akan terhindar dari risiko penyakit kanker pada tubuh.

4. Mengandung antiinflamasi

Temu mangga juga bisa mencegah peradangan yang dapat menyebabkan penyakit kanker. Antiinflamasi pada tanaman ini membantu proses regenerasi sel dan juga mengganti sel-sel yang sudah rusak dengan sel baru.

5. Meregenerasi kulit

Temu mangga juga mempunyai kandungan vitamin E yang dapat meregenerasi sel-sel mati pada kulit. Vitamin E ternyata dapat memperbaiki sel yang sudah rusak menjadi sel baru dan sehat. Mengonsumsi temu mangga  secara rutin membuat kulit tampak lebih muda, lembab, dan bersinar seperti kulit baru.

Video terkait: