Ini Dia 7 Kelebihan yang Dimiliki Polybag sebagai Media Tanaman Hias

Ilustrasi tanaman yang menggunakan polybag (Pixabay)

Editor: Tanti Malasari - Minggu, 20 Februari 2022 | 06:00 WIB

Sariagri - Berkebun atau bercocok tanam tentu bukanlah hobi baru. Kegiatan ini telah lama dilakukan jauh sebelum namanya naik daun dan menjadi tren gaya hidup masyarakat Indonesia.

Dalam menanam tanaman penggunaan polybag telah banyak dilakukan. Media ini menjadi salah satu alternatif yang dipakai selain pot. Ukurannya sangat beragam dan sangat membantu dalam proses pembibitan tanaman.

Berikut adalah manfaat lain dalam menggunakan polybag sebagai media tanaman yang harus diketahui.

 

1. Tidak Perlu Mengolah Tanah

Penggunaan polybag sangat membantu kamu dalam menanam tanaman. Hal ini dikarenakan, kamu sudah tidak perlu mengolah tanah lebih dahulu. Kamu cukup mencampurkan tanah gembur, pasir dan pupuk kompos dengan perbandingan 1:1:1 dan masukkan ke dalamnya. Tentu saja ini sangat mempersingkat waktu bagi kamu yang sibuk diluar rumah.

2. Cocok untuk Lahan Sempit

Bagi masyarakat perkotaan, kendala lahan sempit dalam bercocok tanam sudah bukan lagi menjadi persoalan besar. Karena kamu bisa memanfaatkan polybag.

Wadah tanaman yang bentuknya menyerupai kantong plastik ini, sangat cocok untuk tempat tinggal yang lahannya sempit seperti di apartemen atau rumah dengan halaman kecil. Sebab ia tidak terlalu memakan tempat saat diletakkan di tanaman.

3. Mudah untuk Dipindah

Kelebihan lain dari polybag adalah memudahkan tanaman untuk dibawa atau dipindahkan. Bagi kamu yang suka menata ulang pekarangan atau interior rumah, penggunaan polybag sangat membantu untuk digunakan.

4. Tanaman Lebih Kuat dan Subur

Tahukah kamu menanam dengan menggunakan polybag, ternyata membuat tanaman dapat tumbuh lebih kuat dan tumbuh subur. Alasannya bahan polybag sangat elastis, sehingga membuat pupuk dan nutrisi lain pada tanaman lebih terkontrol dengan baik.

Ditambah lagi air dan pupuk yang diberikan pada tanaman lebih cepat diserap akar karena ukurannya yang tidak terlalu besar.

5. Panen Bisa Lebih Cepat

Penggunaan polybag akan membuat waktu panen akan semakin cepat. Sebab bentuknya tidak terlalu besar sehingga membuat kualitas tanah dan pupuk tanaman dapat dipertahankan. Hal ini membuat kamu bisa memanen tanaman kapan saja.

Baca Juga: Ini Dia 7 Kelebihan yang Dimiliki Polybag sebagai Media Tanaman Hias
Hoki Banget! Pasutri Ini Beli Monstera Langka dengan Harga Murah

6. Cara Menanam Lebih Mudah

Menanam dengan polybag juga dianggap lebih mudah dibandingkan dengan media lain. Pasalnya kamu hanya perlu mencampur media tanam sesuai perbandingan, lalu buat lubang dengan menggunakan jari dan selanjutnya memasukkan bibit tanaman ke dalamnya.

7. Harga yang Terjangkau

Kelebihan lain yang juga dimiliki polybag adalah harganya lebih terjangkau. Di pasaran harga polybag sangat ekonomis, dimulai dari ribuan untuk ukuran kecil dan puluhan ribu untuk ukuran besar, kamu sudah bisa mendapatkan polybag sesuai dengan yang kamu butuhkan.

Video Terkait