Meski Asam, Ini 5 Manfaat Kedondong untuk Kesehatan

Ilustrasi kedondong. (Pixabay)

Penulis: Gloria, Editor: Tatang Adhiwidharta - Rabu, 23 Februari 2022 | 12:50 WIB

Sariagri - Kedondong identik dengan rasa asam yang membuat orang bergidik ketika menggigitnya. Buah yang satu ini biasa disajikan dalam bentuk rujak dan asinan.

Tidak semua orang menyukai buah yang disebut dengan golden apple ini. Namun terdapat juga orang yang memang mencintai kedondong.

Tak kenal maka tak sayang, mungkin begitulah ungkapan yang tepat untuk buah dengan nama lain ambarella dan jew pulm ini.

Buah kedondong banyak didapatkan di Asia salah satunya Indonesia. Kedondong mengandung air, energi, protein, lemak, karbohidrat, serat, abu, kalsium, fosfor, besi, natrium, seng, beta-karoten, thiamin, riboflavin, niasin dan vitamin C.

Kedondong juga mengandung antioksidan pada ekstrak daunnya yang memiliki senyawa fenolik. Bahkan buah ini kerap dijadikan sebagai obat tradisional.

Dengan kandungan gizi yang kaya, ini manfaat kedondong untuk kesehatan:


1. Mengatasi sakit tenggorokan

Salah satu manfaat kedondong untuk kesehatan adalah mengatasi sakit tenggorokan. Buah ini mengandung vitamin C sebanyak 35 persen dari kecukupan vitamin harian seseorang. Kandungan antimikroba juga membantu kedondong untuk mengatasi sakit tenggorokan.

2. Untuk pencernaan

Manfaat kedondong untuk kesehatan tak lepas dari menjaga pencernaan. Golden apple ini biasanya membantu mengatasi diare. Hal itu tak lepas dari senyawa kloroform pada ekstrak daun kedondong yang bersifat antimikroba.

3. Penyembuhan luka bakar

Penyembuhan luka bakar menjadi salah satu manfaat kedondong untuk kesehatan. Percobaan pernah dilakukan terhadap tikus dengan luka bakar. Percobaan itu menggunakan daun tanaman kedondong dan vaselin. Pengobatan dilakukan dua kali sehari selama 21 hari. Hasil percobaan itu menunjukkan penyembuhan luka dengan kedondong telah berhasil.

4.Kesehatan mata

Kedondong juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata. Beta-karoten dalam buah ini membantu mengurangi stres oksidatif pada mata akibat cahaya alat elektronik seperti handphone, televisi, komputer hingga laptop.

5. Untuk daya tahan tubuh

Manfaat kedondong untuk kesehatan adalah mempertahankan daya tahan tubuh. Kandungan vitamin C dan beta-karoten yang diubah menjadi vitamin A berperan mengoptimalkan sistem imunitas tubuh.

Video Terkait



Baca Juga: Meski Asam, Ini 5 Manfaat Kedondong untuk Kesehatan
Markisa, Buah yang Ampuh Buat Diet