Keajaiban Daun Singkong, Sayur yang Dianggap Musuh Penderita Asam Urat

Ilustrasi daun singkong (Wikimedia)

Penulis: Putri, Editor: Dera - Selasa, 22 Februari 2022 | 08:00 WIB

Sariagri - Singkong bukanlah makanan asing bagi masyarakat Indonesia. Pohonnya sendiri banyak ditanam di berbagai daerah di Tanah Air. Semua bagian dari pohon ini pun dapat dimanfaatkan, dari umbi, batang, hingga daunnya.

Jika distek, batangnya dapat menumbuhkan pohong kembali. Sementara umbinya dapat diolah menjadi berbagai macam makanan, sedangkan daunnya bisa menjadi favorit masyarakat Indonesia.

Daun singkong bisa beli di pasar dengan harga murah dan mudah didapat. Bahkan jika punya kebun, kamu bisa menanam dan memetik daunnya langsung dari pohonnya.

Karena mudah dijumpai, terdapat banyak olahan sayur daun singkong di Indonesia. Contohnya gulai daun singkong, buntil, serta menjadi campuran pecel.

Meski demikian, sayuran ini menjadi musuh bagi penderita asam urat. Hal tersebut dikarenakan daunnya memiliki kandungan purin dalam tingkat yang sedang. Purin adalah jenis protein yang dipecah menjadi asam urat dalam saluran pencernaan. Oleh sebab itu penderita asam urat disarankan membatasi asupan daun ini.

Meski demikian, bukan berarti daunnya  tidak memberikan manfaat sama sekali pada tubuh manusia. Selain membuat seseorang kenyang lebih lama, manfaat adalah kandungan flavonoid dan saponin yang dapat digunakan sebagai antidiare dan obat disentri.

Berikut ulasan lebih lengkap manfaat daun singkong bagi tubuh manusia.

1. Memperkuat Imun Tubuh

Terdapat folat dan vitamin C yang diketahui baik untuk sistem kekebalan tubuh. Selain itu, air rebusan daun ini dapat menjadi antioksidan untuk menghilangkan radikal bebas dalam tubuh. Radikal bebas ini diketahui memiliki hubungan erat dengan kanker. Folat yang ada pada daun singkong membantu produksi sel-sel sehingga mencegah mutasi DNA.

2. Mengatasi Radang Sendi

Daunya diketahui memiliki kandungan mineral magnesium untuk mengatasi radang sendi. Mineral magnesium memberikan banyak manfaat, salah satunya mengurangi radang sendi. K

onsumsi magnesium yang cukup dapat mengembangkan dan memadatkan tulang. Selain itu, magnesium juga meminimalkan risiko patah tulang. Namun perlu diingat, pengonsumsiannya juga harus benar dan tidak berlebihan agar tidak menimbulkan penyakit lain.

3. Mencegah Anemia

Kandungan zat besi di dalamnya dapat membantu memproduksi sel-sel darah merah dan dapat melancarkan sirkulasi darah. Oleh sebab itu, penyakit anemia atau kekurangan darah dapat tehindari. Karena dapat mencegah anemia, daun singkong ini baik dikonsumsi oleh ibu hamil agar tidak mengalami anemia.

4. Menghasilkan Energi

Daun yang sudah dimasak mengandung asam amino esensial dan serat. Kedua kandungan tersebut begitu dibutuhkan oleh tubuh manusia untuk beraktivitas. Dengan pengonsumsian yang pas dan benar, tubuh akan terus bertenaga dan dapat melakukan aktivitas sehari-hari dengan lancar.

5. Obat Luka Bakar

Manfaat lainnya yaitu dapat menyembuhkan luka bakar ringan. Caranya, gel lidah buaya dicampurkan dengan daunnya. Kedua bahan tersebut kemudian ditumbuk hingga halus, kemudian taruh di kulit yang mengalami luka bakar.

Daun Singkong sebagai Pakan Ternak

Tidak hanya bagi manusia, daun ini juga bisauntuk pakan ternak. Mengutip situs resmi Pakan Unggul Fakultas Peternakan Universitas Gadjah Mada, daunnya bisa dijadikan pakan ternak oleh peternak domba dan kambing di Yogyakarta. Pakan dari daun tersebut berupa daun segar atau kering, yang diketahui memiliki nilai nutrien yang tinggi dan dapat dimanfaatkan sebagai pakan ternak.

Meski demikian, perlu diingat kembali hal yang berlebihan tidaklah baik. Ada hal yang menjadi pembatas penggunaan daun ini untuk pakan ternak karena adanya komponen antinutrisi dan substansi toksik bagi ternak yang berupa HCN. Substansi tersebut mengganggu kecernaan dan konsumsi nutrien, dan bersifat racun untuk pemberian yang melebihi jumlah yang ditoleransi.

Video Terkait



Baca Juga: Keajaiban Daun Singkong, Sayur yang Dianggap Musuh Penderita Asam Urat
Sangat Mudah, Begini Cara Budidaya Singkong