Viral di Medsos Pedagang Jual Nangka Seharga Rp3,1 Juta, Ini Penyebabnya

Buah nangka seharga Rp3,1 juta (Twitter)

Penulis: Rashif Usman, Editor: M Kautsar - Selasa, 22 Februari 2022 | 19:50 WIB

Sariagri - Baru-baru ini sebuah unggahan foto buah nangka viral di media sosial lantaran harga jualnya mencapai 160 poundsterling atau sekitar Rp3,1 juta. Unggahan tersebut dibagikan oleh seorang Reporter BBC di akun Twitter Ricardo Senra @ricksenra.

Senra sebelumnya bertugas di Sao Paulo, Washington DC, dan London. Ia mengambil foto unggahan buah nangka itu di diambil di Borough Market London, pasar makanan terbesar dan tertua di Inggris.

Senra menjadi viral karena buah nangka di Brasil dijual sekitar 5 real Brasil atau sekitar Rp 13.000. Sebuah harga yang murah untuk negara tropis termasuk juga di Indonesia. Lantas muncul pertanyaan, kenapa harga nangka mahal di London?

Alasan Harga Nangka Mahal di London

Mahalnya harga nangka di Eropa bisa disebabkan salah satunya karena faktor wilayah. Sabrina Sartori, direktur umum Estancia das Frutas sebuah perkebunan di Sao Paulo, Brasil mengatakan, harga nangka bahkan juga bervariasi di Brasil. Sedangkan sejumlah daerah di mana buah nangka mungkin dapat dikumpulkan dari pohon secara gratis.

Baca Juga: Viral di Medsos Pedagang Jual Nangka Seharga Rp3,1 Juta, Ini Penyebabnya
Sempat Viral Lantaran Beli Durian Isinya Kosong, Emak-emak Ini Bakal Diberi 50 Durian Gratis

Selain itu, nangka juga tak bisa ditanam secara komersil di Eropa lantaran kondisi iklim yang dingin Sabrina menerangkan untuk penjualan internasional atau ekspor memiliki masalah yang cukup rumit.

Sejumlah ahli menilai masalah yang harus dihadapi yakni sifat nanga yang mudah rusak, buah yang musiman dan juga beratnya yang besar. "Nangka sangat berat, matang sangat cepat dan memiliki aroma yang sangat khas yang tidak menyenangkan bagi semua orang," ujar Sartori.