Mengenal Timun Suri, Buah Manis Menyegarkan yang Kaya Manfaat

Seorang penjual timun suri di Depok, Jawa Barat (Foto: Instagram/@infodepok_id)

Penulis: Putri, Editor: Tanti Malasari - Rabu, 23 Februari 2022 | 18:05 WIB

Sariagri - Mendengar kata timun suri, sudah terbayang rasa segar saat mengonsumsinya. Buah ini biasa dijual secara musiman pada saat Ramadan karena buahnya diolah menjadi minuman yang menyegarkan untuk berbuka puasa. Kalium tinggi yang terkandung dalam buah berwarna oranye ini yang membuat tubuh terasa segar.

Buah ini termasuk dalam suku labu-labuan (Cucurbitaceae). Buah yang bernama latin Cucumis Mel L Var Reticulatus Naudin ini tumbuh di daerah dataran tinggi dan dataran rendah. Meski demikian, hasil penanaman buah yang juga disebut barteh ini lebih bagus yang berada di dataran tinggi dibandingkan di dataran rendah. Buah dapat dipanen setelah berumur 60-70 hari setelah tanam.

Selain menyegarkan, buah yang juga disebut timun batek ini memiliki berbagai manfaat kesehatan. Terdapat beragam nutrisi seperti asam linoleat, vitamin A, vitamin C, kalium, potasium, serta magnesium yang tinggi. Selain itu, buah ini juga mengandung 96 persen air dan rendah kalori, sangat cocok untuk kamu yang sedang program diet.

Berikut manfaat timun suri yang perlu diketahui.

 

1. Menurunkan Risiko Kanker

Saponin yang terkandung dalam buah ini adalah sumber antioksidan, yang diketahui dapat menangkal radikal bebas di dalam tubuh. Radikal bebas dapat memicu berbagai kanker seperti kanker payudara, kanker usu besar, dan kanker hati. Jika dikonsumsi dengan baik, buah ini dapat menurunkan risiko kanker.

2. Detoksifikasi

Kandungan air dan serat yang cukup tinggi pada buah ini bermanfaat membantu mengeluarkan racun dari dalam tubuh. Racun dalam tubuh perlu dikeluarkan karena memiliki dampak buruk yang berujung dengan penyakit. Hasil detoksifikasi nantinya adalah keluarnya sisa-sisa racun dalam tubuh baik dari urin maupun feses.

3. Mencegah Alzheimer

Vitamin K yang ada pada timun suri berperan sebagai obat yang membatasi kerusakan neuronal di otak. Dengan mengonsumsi buah yang kaya akan vitamin K ini, kamu dapat mencegah terjadinya penyakit Alzheimer. Selain itu, buah ini juga meningkatkan massa tulang dan mengembangkan osteoprotik pada persendian.

4. Melancarkan Sistem Pencernaan

Seperti disebutkan sebelumnya, buah ini mengandung air dan serat yang dapat memperlancar sistem pencernaan. Orang yang menderita sembelit, gastritis atau tukak lambung dianjurkan mengonsumsi buah ini agar penyakit tersebut tidak kambuh terus-terusan.

5. Menjaga Kesehatan Kulit, Kuku, dan Rambut

Antioksidan pada buah yang menyegarkan ini dapat mencegah penuaan dini dan melawan radikal bebas. Selain itu, buah tersebut dapat menyehatkan kuku dan rambut jika dikonsumsi dengan tepat. Kuku kamu nantinya tidak akan rusak dan pecah-pecah.

6. Mencukupi Kebutuhan Kalium

Pengonsumsian timun suri saat buka puasa adalah hal yang tepat. Hal tersebut dikarenakan buah ini membantu mencukupi kebutuhan kalium manusia. Jika seseorang kekurangan kalium dan tidak segera diatasi, menimbulkan rasa lelah hingga berhalusinasi.

Buah berkulit kuning dan berbentuk lonjong ini identik dengan olahan minuman segar. Oleh karena itu, berikut resep es timun suri yang mudah dicoba sendiri di rumah. Bisa jadi konsumsi sehari-hari atau sebagai menu buka puasa, lho!

Baca Juga: Mengenal Timun Suri, Buah Manis Menyegarkan yang Kaya Manfaat
Meski Asam, Ini 5 Manfaat Kedondong untuk Kesehatan

Bahan: 

  • Satu buah timun suri yang sudah diserut. 
  • Gula pasir.
  • Nata de Coco.
  • Air.
  • Sirup rasa melon atau cocopandan, sesuai selera.
  • Es batu.

Cara membuat:

  • Masukkan gula pasir dan sirup pada wadah besar, campur dengan air lalu diaduk.
  • Masukkan serutan timun suri dan Nata de Coco.
  • Tambahkan es batu secukupnya.
  • Koreksi rasa untuk menentukan rasa manis yang diinginkan.
  • Sajikan dalam gelas. 

Video Terkait