Menutupi Tanaman dengan Plastik Film Merah Tingkatkan Hasil hingga 37 Persen

Ilustrasi - Greenhouse.(Piqsels)

Editor: Arif Sodhiq - Rabu, 23 Februari 2022 | 18:20 WIB

Sariagri - Selama berabad-abad, manusia telah menggunakan rumah kaca untuk membantu tanaman tumbuh di luar kondisi yang dapat ditoleransi. Namun baru-baru ini, sebuah perusahaan startup agrikultur Australia mengembangkan Luminescent-Light Emitting Agriculture Films (LLEAF), plastik film merah yang dapat meningkatkan produktivitas tanaman hingga 37 persen.

Spektrum cahaya merah, yang dihasilkan dari LLEAF diyakini dapat merangsang daun tanaman untuk menghasilkan lebih banyak klorofil. LLEAF didirikan para ilmuwan dari kemitraan antara Universitas New South Wales dan Western Sydney.

Saat ini, para ilmuwan sedang melakukan pengujian beberapa film berbeda untuk meningkatkan hasil panen, dengan masing-masing disesuaikan dengan jenis tanaman berbeda.

“Film pertanian pemancar cahaya luminescent kami, LLEAF dirancang untuk ‘menguatkan’ sinar matahari alami dengan menggeser cahaya alami menjadi spektrum cahaya yang lebih bermanfaat bagi pertumbuhan tanaman,” kata salah satu pendiri perusahaan Dr. Alex Soeriyadi kepada Future Food Systems.

“Uji coba kami menunjukkan potensi untuk meningkatkan hasil, meningkatkan siklus tanaman, dan kontrol panen," tambahnya seperti dilansir Good News Network.

LLEAF 620 adalah warna spektrum merah rendah untuk meningkatkan fotosintesis dan meningkatkan produksi di sebagian besar tanaman. Sedangkan LLEAF 590 adalah pilihan terbaik untuk tanaman air yang memerlukan penetrasi cahaya melalui air guna meningkatkan laju pertumbuhan.

Cahaya spektrum merah jauh lebih baik untuk pohon berbuah dan bunga, di mana LLEAF menjual dua film berbeda, satu untuk produksi dan satu lagi untuk pertumbuhan yang naik ke kisaran spektrum cahaya 700 nanometer.

Film dibuat dari pewarna khusus yang menyerap dan menyebarkan foton dari spektrum cahaya hijau dan memancarkannya kembali sebagai cahaya merah untuk meningkatkan fotosintesis tanaman.

Baca Juga: Menutupi Tanaman dengan Plastik Film Merah Tingkatkan Hasil hingga 37 Persen
Sarang Semut, Tanaman Obat yang Berasal dari Papua



Lempengan plastik film tebal ini mengurangi jumlah cahaya yang tidak dapat digunakan tanaman dan difusi cahaya lebih merata dengan cara mengurangi bayangan.

Lempengan plastik film juga dapat dengan mudah dipasang ke struktur rumah kaca dan sangat tahan lama. Pewarnanya 100% biodegradable dan berbasis karbon dan tidak mengandung logam. Sedangkan terpal plastik 100% dapat didaur ulang.

Video:

Video Terkait