Timun Miliki Berbagai Manfaat, Salah Satunya Membuat Wajah Lebih Cerah

Ilustrasi Timun (Pixabay)

Editor: Putri - Jumat, 25 Februari 2022 | 19:45 WIB

Sariagri - Selain kol dan kemangi, timun juga menjadi salah satu pelengkap lalapan. Tidak harus dimasak, cukup dicuci dan dipotong-potong, buah dengan nama latin Cucumis sativus L. ini nikmat untuk disantap.

Tanaman timun merupakan jenis tanaman semusim yang bersifat menjalar atau merambat serta memiliki perantaraan alat pemegang yang berbentuk spiral. Di Indonesia, buah ini baru dikenal sekitar dua abad sebelum masehi.


Selain menyegarkan, manfaat timun bagi kesehatan juga tidak bisa diragukan lagi. Berikut penjelasannya.


1. Membuat Wajah Tampak Berseri

Buah ini mengandung antioksidan, vitamin C, vitamin A, folat, dan antiradang. Kandungan-kandungan tersebut bermanfaat untuk mengurangi bengkak serta iritasi pada kulit. Efek segarnya juga mampu membuat wajah lebih cerah. 

Kandungan asam pada buah ini juga mampu menurunkan retensi air dan mengurangi bengkak di bawah mata. Untuk kecantikan, biasanya buah ini dijadikan masker


2. Memperkuat Tulang

Vitamin K yang terkandung dalam buah ini dapat memperkuat tulang. Bagi perempuan yang mengalami pascamenopause, direkomendasikan untuk meningkatkan asupan vitamin K untuk membantu memperkuat tulang. Kekurangan vitamin K juga membahayakan karena mengakibatkan perdarahan dalam tubuh, darah akan sulit menggumpal.

3. Menyehatkan Pencernaan

Serat yang terdapat pada buah ini membantu meningkatkan kesehatan pencernaan. Serat mampu menjaga agar kamu tetap teratur buang air besar. Bagi kamu yang sering sembelit, disarankan untuk mengonsumsi buah ini.

Buah ini juga baik untuk kamu yang tengah menjalankan program diet karena serat membuat kenyang lebih lama. Serat yang ada pada buah ini juga mampu menetralkan racun dalam tubuh.

4. Menjaga Kesehatan Jantung

Kandungan magnesium dan potasium pada buah ini baik untuk menjaga kesehatan jantung. Pedoman diet menganjurkan orang dewasa mengonsumsi 4.700 miligram (mg) potasium setiap hari dan 310-410 mg magnesium, tergantung pada jenis kelamin dan usia.

Selain itu, natrium yang ada pada buah ini juga meningkatkan asupan kalium untuk mencegah tekanan darah tinggi. Buah ini juga mengandung asam malonat yang berfungsi menekan gula darah agar tidak berubah menjadi lemak.

5. Anti-inflamasi

Buah ini memiliki sifat anti-inflamasi, yang memiliki fungsi mencegah peradangan dan menambah sistem kekebalan tubuh. Para ahli percaya kandungan anti-inflamasi juga dapat mencegah penyakit jantung, diabetes, autoimun, depresi, sampai kanker.

6. Mencegah Dehidrasi

Nutrisi baik yang terkandung pada buah ini mampu mencegah sembelit dan melancarkan pencernaan. Selain itu, buah ini juga dapat menambah asupan cairan dalam tubuh. Makan buah ini bisa mencegah dehidrasi, suatu kondisi di mana tubuh kehilangan banyak cairan.

7. Mencegah Diabetes

Antioksidan yang terkandung pada buah ini membantu untuk menghentikan glukosa darah yang naik terlalu tinggi. Menurut studi, mengonsumsi buah ini dapat mengatur pelepasan insulin, metabolisme glikogen hati ketika pemrosesan gula darah.


Timun banyak tersedia di pasar dan supermarket di Indonesia. Tidak ada salahnya untuk merasakan manfaat buah yang juga disajikan sebagai sayur ini. Agar terasa lebih segar, buah ini bisa diolah terlebih dahulu. Berikut resep acar timun.

Baca Juga: Timun Miliki Berbagai Manfaat, Salah Satunya Membuat Wajah Lebih Cerah
Viral Potret Sampah Mentimun di Bioskop, Ternyata Begini Faktanya

Bahan-bahan:

  • Dua buah timun, cuci hingga bersih dan potong kotak-kotak.
  • Satu buah wortel, cuci hingga bersih dan potong kotak-kotak.
  • Garam secukupnya.
  • Gula secukupnya.
  • Cuka secukupnya.
  • Air hangat secukupnya.
  • Cabe rawit sesuai selera.

Cara membuat:

  • Masukkan potongan timun dan wortel dalam wadah.
  • Masukkan garam, gula, cuka, dan air hangat.
  • Masukkan cabe rawit.
  • Aduk semua bahan hingga tercampur, kemudian diamkan beberapa menit.
  • Cicip untuk menentukan rasa yang diinginkan.
  • Sajikan jika sudah pas.

Video Terkait