Ini Khasiat Alami dari Terong Belanda Beserta Cara Mengolahnya

ilustrasi Terung Belanda (Pixabay)

Penulis: Triana, Editor: Tatang Adhiwidharta - Senin, 28 Februari 2022 | 19:05 WIB

Sariagri - Dalam bahasa Inggris terong Belanda dikenal dengan nama tamarillo, biasanya buah ini dikonsumsi dalam olahan berbentuk sirup. Namun, kali ini kamu disarankan untuk mengonsumsinya dengan mengolah menjadi segelas jus tanpa menggunakan gula.

Memiliki khasiat dan kandungan antioksidannya yang tinggi sebagai penangkal penuaan dini pada kulit bisa kamu dapatkan jika mengonsumsinya secara murni. Buah yang berasal dari hutan semi tropis Brazil dan Peru ini, sudah dibudidayakan di berbagai negara terutama di Selandia Baru.

Jika kamu butuh menyegarkan tubuh memasuki musim pancaroba, berikut khasiat yang bisa kamu peroleh jika rajin mengonsumsi buah terong belanda.

Baca Juga: Ini Khasiat Alami dari Terong Belanda Beserta Cara Mengolahnya
Mengenal Bekicot, Siput Afrika yang Mengandung Banyak Manfaat

Cara baik mengonsumsi terong belanda

1. Terong belanda bisa dijadikan jus yang dicampurkan dengan buah lain yang memiliki kesamaan elemen antioksidan, seperti plum, tomat, jeruk, atau persik.
2. Buah yang matang bisa dimakan dengan kulitnya. Namun, berhati-hatilah dengan kulitnya yang pahit karena kandungan pigmen antosianin sianidin di dalamnya. kamu bisa mengiris terong belanda sebagai tambahan konsumsi bersama buah lain, atau salad hijau. Bisa juga dimanfaatkan sebagai campuran pada kue atau es krim.
3. Sementara itu, terong belanda yang telah diblender halus, dapat dikonsumsi sebagai smoothies, saus, salsa, selai atau jeli.

Manfaat untuk kesehatan tubuh

1. Terong belanda bagaikan gudang untuk berbagai vitamin dan mineral, seperti Vitamin A, E, C, B1, B2, dan B6, beta karoten, asam klorogenik, potasium, dan anthocyanin.
2. Terong belanda juga berkhasiat untuk ‘melumasi’ kinerja organ tubuh dan otak agar terhindar dari masalah otak hingga jantung, memperlancar sirkulasi darah, mencegah anemia, menghidrasi tubuh, menjaga kesehatan mata, hingga menjaga kepadatan tulang dan gigi.
3. Bersama dengan magnesium dan serat, potasium yang ada di dalamnya dapat membantu mencegah penyerapan kolesterol jahat dalam tubuh, melawan pengaruh negatif dari konsumsi natrium yang berlebihan, dan membantu mengatur sistem kardiovaskular.
4. Buah ini juga sangat baik untuk menyehatkan rahim bagi kamu yang ingin cepat hamil, karena turut diperkaya tembaga, mangan, magnesium, fosfor, seng dan besi.

Video Terkait