Intip Manfaat Daun Pepaya yang Dikenal Sebagai Obat Penyakit Malaria

Ilustrasi daun pepaya. (Pixabay)

Editor: Tanti Malasari - Selasa, 1 Maret 2022 | 18:20 WIB

Sariagri - Pepaya adalah salah satu buah yang sangat sering dikonsumsi. Rasanya sangat manis sehingga tidak heran buah ini banyak disukai oleh semua kalangan. Namun tidak hanya buahnya saja, tetapi manfaat daun pepaya juga dapat dirasakan.

Oleh karena itu, dalam artikel ini kita akan membahas secara lengkap mengenai manfaat daun pepaya, yang sering dijadikan sebagai pengobatan herbal.

Manfaat daun pepaya

Seperti diketahui, daun pepaya mengandung protein, serat, kalsium hingga beragam vitamin seperti vitamin B1, B3, B3 hingga vitamin C. Mengutip dari laman Healthline, berikut manfaat daun pepaya yang perlu kita ketahui:

1. Mengobati penyakit demam berdarah

Diantara banyaknya manfaat daun pepaya, ada salah satu manfaat yang paling menonjol dan dikenal yaitu bisa mengobati penyakit demam berdarah. Deman berdarah sendiri, merupakan virus yang ditularkan oleh nyamuk. Virus ini dapat menular ke manusia dan menimbulkan gejala seperti flu, demam, kelelahan, sakit kepala, mual, muntah, dan ruam kulit.

Penyakit ini membuat turunnya jumlah trombosit dalam darah sehingga bisa menyebabkan pendarahan. Oleh karena itu, dengan mengonsumsi daun pepaya, dipercaya mampu meningkatkan kadar trombosit darah dalam tubuh agar proses penyembuhan menjadi lebih cepat.

2. Meningkatkan gula darah

Selain demam berdarah, manfaat daun pepaya lainnya dapat digunakan sebagai obat untuk meningkatkan gula darah. Hal ini sudah terbukti pada masyarakat Meksiko, yang sering menggunakan daun ini sebagai terapi alami untuk mengobati diabetes dan meningkatkan kontrol gula darah. Hal ini karena kemampuan daun pepaya untuk melindungi sel-sel penghasil insulin di pankreas dari kerusakan dan kematian dini.

3. Mengobati masalah pencernaan

Daun pepaya kaya antioksidan, vitamin, mineral, serat dan enzim yang dapat mendukung fungsi pencernaan yang sehat dan senyawa unik yang disebut papain. Teh ini banyak digunakan sebagai pengobatan alami dalam meringankan masalah pencernaan seperti gas, kembung dan mulas.

4. Memiliki efek anti inflamasi

Manfaat daun pepaya selanjutnya yaitu mengobati peradangan internal dan eksternal, termasuk ruam kulit, nyeri otot, dan nyeri sendi. Hal ini dikarenakan daun pepaya mengandung berbagai nutrisi dan senyawa tanaman dengan manfaat anti-inflamasi, seperti papain, flavonoid, dan vitamin E.

5. Merangsang pertumbuhan rambut

Siapa yang sangka, daun pepaya kaya akan antioksidan yang dapat membantu mengurangi stres oksidatif dan selanjutnya meningkatkan pertumbuhan rambut. Oleh karena itu daun ini juga banyak diolah menjadi masker yang digunakan untuk meningkatkan pertumbuhan rambut dan kesehatan kulit kepala.

6. Menjaga kesehatan kulit

Daun pepaya memiliki kandungan banyak vitamin dan enzim pelarut protein bernama papain, yang bisa digunakan secara topikal sebagai exfoliant untuk mengangkat sel kulit mati dan berpotensi mengurangi terjadinya pori-pori tersumbat, rambut tumbuh ke dalam, dan jerawat. Jika diaplikasikan secara rutin, kulit akan terasa lebih lembut, bersih, dan tampak awet muda.

7. Memiliki sifat antikanker

Tidak ada yang menyangka daun pepaya juga bersifat sifat anti kanker. Bahkan ekstrak daun pepaya sendiri menunjukkan kemampuan dalam menghambat pertumbuhan sel kanker prostat dan payudara dalam penelitian tabung reaksi. Tak heran jika daun ini banyak digunakan dalam praktik pengobatan tradisional untuk mencegah dan mengobati jenis kanker tertentu.

Baca Juga: Intip Manfaat Daun Pepaya yang Dikenal Sebagai Obat Penyakit Malaria
Selama Ini Ternyata Keliru! Mulai Sekarang Jangan Lagi Buang Tangkai Cabai Saat Ingin Bikin Sambal

8. Mengobati penyakit malaria

Meski memiliki rasa yang sangat pahit, daun pepaya ternyata mampu mengobati penyakit malaria.

9. Menyembuhkan emphysema

Emfisema adalah salah satu penyakit yang mematikan. Penyakit ini faktanya bisa dicegah dan disembuhkan dengan daun pepaya. Hal ini dikarenakan daun pepaya mampu memenuhi asupan vitamin D untuk mempercepat penyembuhan.

10. Mengatasi gangguan menstruasi

Bagi kamu yang mengalami masalah menstruasi, daun pepaya bisa dijadikan sebagai salah satu solusi untuk masalah tersebut. Agen penyembuh dalam daun pepaya ini dipercaya mampu menyeimbangkan hormon sehingga siklus menstruasi menjadi lebih lancar.

Video Terkait