Kapulaga, Rempah Ajaib yang Bisa Cegah Kanker

Ilustrasi kapulaga. (pixabay)

Editor: Dera - Selasa, 1 Maret 2022 | 19:50 WIB

Sariagri - Kapulaga merupakan tanaman sejenis rempah yang berasal dari pegunungan Malabar di pantai barat India dan mempunyai rasa sedikit manis. Tanaman ini biasanya dimanfaatkan sebagai bumbu masakan, bahan pembuatan parfum, krim kecantikan dan sabun.

Tanaman kapulaga memiliki ciri khas seperti biji polongnya yang berukuran kecil, penampang irisan segitiga, kulit luar tipis, biji berwarna hitam, dan membentuk gelendong kumparan. Kapulaga sejak zaman dahulu kerap digunakan sebagai pengobatan tradisional.

Tanaman ini dapat dikonsumsi secara langsung atau dijadikan sebagai ramuan untuk mengobati penyakit seperti menurunkan tekanan darah, melawan bakteri di tubuh dan penyakit lainnya. Tanaman yang mempunyai nama latin elettaria cardamomum ini selain sebagai rempah-rempah ternyata juga bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

Berikut beberapa manfaat kapulaga untuk kesehatan:

Melawan infeksi bakteri

Kandungan senyawa yang terdapat dalam biji kapulaga sangat ampuh dalam melawan berbagai bakteri seperti campylobacter, E. coli, salmonella, staphylococcus. Minyak esensial kapulaga berguna untuk melawan bakteri campylobacter yang mengakibatkan peradangan perut dan bakteri salmonella penyebab terjadinya keracunan makanan.

Menurunkan risiko kanker

Rempah kapulaga dipercaya sangat ampuh untuk menurunkan risiko penyakit kanker. Hal itu dikarenakan tanaman ini mempunyai fungsi yang berguna dalam membantu melawan sel kanker serta menghentikan pertumbuhan sel kanker tersebut supaya tidak berkembang dan menjalar di dalam tubuh.

Menurunkan gula darah

Mengonsumsi kapulaga dapat menurunkan kadar gula darah. Caranya dengan mencampur kapulaga, kayu manis, jahe dan teh hitam. Lalu minum campuran ramuan tersebut secara rutin agar mendapatkan hasil yang optimal dan kadar gula darah turun dengan cepat.

Mengatasi bau mulut

Ternyata tanaman elettaria cardamomum ini bisa mengatasi bau mulut dan juga meningkatkan kesehatan mulut setra mencegah gigi berlubang. Kapulaga mampu melawan bakteri yang menyebabkan bau mulut dan membantu menyegarkan nafas.

Membantu masalah pencernaan

Kapulaga mempunyai manfaat untuk membantu mengobati masalah pencernaan pada perut dan mempercepat penyembuhan serta melindungi sistem pencernaan dari bakteri helicobacter pylori penyebab sakit mag.

Video Terkait