Trik Jitu Mengusir Semut pada Tanaman Kesayangan

Ilustrasi semut pada tanaman. (pixabay)

Editor: Dera - Selasa, 1 Maret 2022 | 22:30 WIB

Sariagri - Semut selalu memiliki cara untuk muncul di tempat-tempat tersembunyi di dalam rumah dan tempat lain termasuk tanaman kesayangan di dalam ruangan. 

Mungkin Sobat agri bertanya-tanya, apa sih yang dilakukan semut di tanaman saya? jawaban sederhananya adalah mereka sedang mencari rumah.

"Tanaman dalam ruangan sangat cocok untuk semut karena mereka suka menggali tanah. Mereka juga tertarik pada getah yang berasal dari hama seperti sisik," ujar Jason Chongue, seorang pecinta tanaman dalam ruangan di Melbourne, Australia.

Serangga sisik biasanya menempel pada daun dan menyedot nutrisi dari dedaunan itu. Jadi Chongue menganjurkan, jika kamu menemukan semut di tanaman sebaiknya cari juga serangga sisik di sekitarnya, agar tidak merusak tanaman.

Sementara Alice Crowe, seorang pecinta tanaman yang juga paham soal ilmu botani, mengatakan bahwa keberadaan semut dan serangga sisik di tanaman ini seperti sebuah ekosistem.

"Ini seperti ekosistem kecil, Sisik mengekstrak getah dari tanaman, kemudian saat mereka memetabolismenya mereka menciptakan eksudat lengket ini dan semut memakannya," ujarnya.  

Lalu, bagaimana cara menyingkirkan semut pada tanaman?

"Metode yang paling berhasil bagi saya sebenarnya hanya merendam tanaman dalam air sabun. Biarkan saja tanaman terendam sampai hampir menenggelamkan mereka. Lalu ulangi prosesnya setiap tujuh hari sampai semutnya hilang." ujar Chongue seperti dikutip abc.net.au.
 
Menurut Chongue, air akan mengeluarkan semut dari lubang persembunyian di tanah dan sabun (bisa menggunakan sedikit cairan pencuci piring) akan menciptakan residu berminyak yang menyulitkan semut untuk bertahan.

Baca Juga: Trik Jitu Mengusir Semut pada Tanaman Kesayangan
Bisa Mempercantik Rumah, Begini Cara Jitu Merawat Palem Kentia



"Jika kamu membuat umpan semut, kamu bisa melakukannya selama berbulan-bulan. Tapi dengan cara ini, hanya perlu beberapa kali rendam dan tanaman akan baik-baik saja," ungkapnya.

Sementara Crowe menyarankan cara membasmi semut dengan menghilangkan sumber makanan mereka yakni sisik dengan membersihkan cabang demi cabang tanaman. Sobat Agri juga bisa menyemprotkan campuran minyak sayur dan sedikit deterjen pada batang dan daunnya.

Video Terkait